• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

PPK Pilkada Kota Bandar Lampung Dilantik

29 February
13:40 2020

KBRN, Bandarlampung-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung 23 September mendatang resmi dilantik. Usai pelantikan, seluruh anggota PPK mengikuti bimbingan teknis berkaitan dengan kode etik.

Sebanyak seratus anggota PPK pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung dilantik di Ballroom Hotel Emersia, Sabtu (29/2/2020) pagi.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedi Triyadi, disaksikan seluruh komisioner KPU, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung, forkopimda, dan seluruh camat se-Bandarlampung.

Proses pelantikan anggota PPK diawali dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua KPU Bandarlampung Dedi Triyadi.

"Hari ini saudara-saudari resmi saya lantik sebagai anggota PPK Kota Bandar Lampung. Saya yakin dan percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas serta wewenang dengan sebaik-sebaiknya," tegas Dedi Triyadi.

Ketua KPU Bandarlampung Dedi Triyadi mengatakan, anggota PPK yang baru dilantik telah melalui berbagai tahapan.

Menurutnya, selain memiliki kompetensi, anggota PPK juga harus memiliki kemampuan teknis, rekam jejak yang baik, independen, serta berintegritas.

Selain itu dia menegaskan, anggota PPK juga harus mampu menjaga marwah KPU sebagai penyelenggara, dengan bersikap netral, mandiri serta tidak partisan.

Sebelum dilantik, 100 anggota PPK telah melewati beberapa tahapan di antaranya, tes administrasi, tes tertulis menggunakan sistem CAT, wawancara, dan tes narkoba.

Berbagai tahapan itu dilakukan lantaran KPU berkomitmen merekrut anggota PPK yang memiliki integritas.

Sebab kriteria tersebut berpengaruh terhadap kinerja penyelenggara dalam melaksanakan tugas pemungutan serta penghitungan suara pada hari H.

Sebelumnya, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami meminta jajarannya di delapan kabupaten/kota selektif merekrut calon anggota PPK pilkada, dan menolak mantan anggota PPK yang memiliki rekam jejak buruk.

Hal tersebut dilakukan agar proses seleksi yang dilakukan KPU menghasilkan anggota PPK yang kompeten, kredibel, independen, memiliki rekam jejak baik serta berintegritas.

Selain itu Erwan Bustami juga memastikan, upaya tersebut dilakukan untuk menghasilkan penyelenggara di tingkat kecamatan yang bekerja sesuai aturan serta ketentuan perundang-undangan.

  • Tentang Penulis

    Ikhwan Wijaya

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Ikhwan Wijaya

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

00:00:00 / 00:00:00