• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gubernur Lampung Panen Raya Padi Di Kota Metro

27 January
15:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bandarlampung: Gubernur Lampung, Senin(27/01/20), melakukan panen raya di Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, kegiatan yang dibalut dengan agenda Cuwak Mengan dan Ngetas Paghi (mengundang makan dan panen padi) bersama Gubernur Lampung disambut antusias oleh warga Metro.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mengatakan, dirinya mengaku bangga karena pada musim kemarau yang panjang di Musim Tanam III 2019, sebagian besar petani di kota Metro tetap dapat melakukan tanam padi pada lahan seluas 2.880 hektare dan berhasil panen dengan baik dengan produktivitas yang tinggi yaitu berkisar 7 ton per hektare.

Hal itu dikatakan Gubernur disebabkan adanya dukungan air irigasi, bantuan benih, pupuk bersubsidi dan alat mesin pertanian dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota Metro sendiri.

Menurut Gubernur, untuk meningkatkan hasil panen padi perhektar para petani harus menerapkan cara tanam dari penyuluh, dengan menerapkan cara budidaya padi yang ramah lingkungan, dirinya yakin Kota Metro tidak akan mengalami kesulitan karena memiliki irigasi yang sangat baik.

Dijelaskan Gubernur, sektor pertanian menjadi prioritas di Lampung karena masih dapat dikembangkan, sedangkan komoditas unggulan yang ditetapkan oleh Pemprov Lampung yaitu padi, jagung dan bawang merah dan Kota Metro dapat menjadi salah satu daerah penghasil komoditas unggulan tersebut.

"Saya merasa bangga bahwa di bawah kepemimpinan Bapak Walikota, Kota Metro yang relatif kecil luas lahan pertaniannya mampu menunjukkan angka produksi dan produktivitas terutama tanaman padi mencapai 47.000 ton," ujar Arinal Djunaidi.

Pada kesempatan itu selain melakukan panen raya, Gubernur juga menyerahkan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) yang diserahkan untuk kelompok tani (poktan) di beberapa Kecamatan di Metro.

Bantuan tersebut berupa 2 unit handtractor, 5 unit hand sprayer elektrik, 1 unit cultivator, 2 unit power trasher, 3 unit pompa air, serta bantuan Pemerintah Provinsi Lampung kepada Pemerintah Kota Metro untuk pengembangan budidaya padi inbrida (penyerbukan sendiri) T.A. 2020 seluas 3.130 hektare.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00