• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Mahasiswa Itera Latih Warga Kunjir Belajar Hidroponik

26 January
13:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bandarlampung: Mahasiswa KKN Institut Teknologi Sumatera (Itera), menggelar pelatihan hidroponik kepada masyarakat Desa Kunjir,  Kalianda,  Lampung Selatan.

Kordinator Desa KKN Itera, Ferdian, Minggu(26/01/20), mengatakan,  kegiatan ini dilakukan agar warga Desa Kunjir bisa memiliki keahlian menanam berbagai jenis sayur sehat dan bebas pestisida. 

Menurutnya, desa tersebut kesulitan untuk bercocok tanam karena tanah berpasir dan sebagian besar warga tak memiliki lahan.

"Kami ingin membangkitkan semangat warga Kunjir yang sempat menjadi korban tsunami Selat Sunda pada Desember 2018 lalu," kata Ferdian.

Ditambahkaan, pelatihan hidroponik diisi oleh Setiaji Bintang Pamungkas dan Dian sebagai petani dari Bandar Lampung, penanaman sayur hidroponik ternyata bisa memanfaatkan barang bekas,  seperti boks buah styrofoam, jeriken bekas, botol air mineral, kotak susu dan lainnya.

"Prinsipnya bisa menampung air sebagai media tanam pengganti tanah," ujar Ferdian. 

Sementara Kepala Desa Kunjir, Rio Imanda mengapresiasi segala kegiatan mahasiswa KKN Itera.

Menurut Rio, tujuan mereka sangat mulia,  yakni ingin membangkitkan ekonomi warga yang sempat runtuh diterjang gelombang tsunami.

"Kegiatan ini sangat baik dan dibutuhkan oleh warga Kunjir, terutama warga yang masih tinggal di hunian sementara, kami akan mengembangkan hidroponik ini perlahan," ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00