• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkab Pringsewu Lakukan Upaya Antisipasi Banjir

10 December
10:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebitkan musim hujan akan mulai melanda wilayah Lampung pada pertengahan Desember ini mendapat respon dari berbagai pihak terkait.

Salah satu respon datang dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu, salah satu daerah di Provinsi Lampung yang memiliki potensi terjadinya bencana banjir saat terjadinya peningkatan intensitas curah hujan.

Dengan adanya peringatan dari BMKG untuk melakukan antisipasi terjadinya bencana alam saat musim hujan tiba, Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, berupaya melakukan antisipasi dini guna meminimalisir dampak dari bencana banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Sekretaris BPBD Kabupaten Pringsewu Teguh Prasetyo kepada RRI mengatakan, untuk mengantisipasi dan miminimaisir dampak dari bencana musim hujan, seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor, Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah melakukan pemetaan wilayah rawan bencana sejak Oktober.

Menurutnya dari hasil pemetaan tersebut sembilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu, memiliki potensi bencana selama musim hujan berlangsung. Sehingga untuk meminimalisir kerugian jika bencana banjir timbul, Teguh Prasetyo mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah melakukan berbagai perbaikan aliran sungai dan saluran irigasi.

"Untuk pemetaan dilakukan pemerintah ditingkat kecamatan, dan dari hasil tersebut sembilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu memiliki potensi terjadinya bencana pada saat musim hujan,"jelasnya (10/12/2019).

Lebih lanjut dikatakan Teguh Prasetyo, selain melakukan antisipasi bencana dengan melakukan berbagai perbaikan infrastrukltur penunjang, BPBD juga memberikan sosialisasi tanggap bencana kepada masyarakat.

Dengan upaya yang dilakukan tersebut, BPBD berharap masyarakat dapat mengetahui berbagai upaya yang harus dilakukan jika bencana hidrometeorologi terjadi pada saat musim hujan.

  • Tentang Penulis

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00