• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

Rekrutmen Panwascam Gunakan Sistem CAT

4 December
16:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandarlampung-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung memastikan, proses rekrutmen penyelenggara ad hoc di tingkat kecamatan atau Panwascam dilakukan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansyah, Rabu, (4/12) mengatakan, berbeda dengan rekrutmen sebelumnya, proses seleksi Panwascam pilkada 2020 akan lebih selektif lantaran tes tertulis menggunakan sistem CAT socrative.

“Sistem ini gebrakan yang dilakukan oleh Bawaslu untuk menjamin proses rekrutmen berjalan secara transparan dan jauh dari praktik KKN,” tandasnya.

Candrawansyah menjelaskan, sistem CAT digunakan untuk mengetahui kemampuan masing-masing calon terhadap kepemiluan.

Selain itu, sistem CAT juga digunakan Bawaslu untuk mengukur kompetensi dan kredibelitas, termasuk track record calon, baik ketika menjabat sebagai penyelenggara maupun ketika bermasyarakat.

Meskipun begitu Candrawansyah menegaskan, pihaknya tetap meminta masyarakat pro aktif memberikan informasi ke Bawaslu, jika menemukan calon anggota Panwascam yang memiliki rekam jejak buruk, serta mendapati praktik jual beli jabatan dalam rekrutmen Panwascam.

“Dalam proses ini, kami tetap meminta masyarakat melapor jika menemukan dugaan permainan dalam rekrutmen, baik yang dilakukan oleh staf maupun masyarakat,” tegasnya.

Candrawansyah menambahkan,  sistem CAT Socrative merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Bawaslu dalam proses rekrutmen terhadap pengawas di tingkat kecamatan.

Nantinya hasil CAT akan diakumulasi dengan tes wawancara yang dilakukan terhadap masing-masing calon anggota Panwascam.

Sesuai jadwal dan tahapan rekrutmen, tes tertulis dan wawancara akan berlangsung pada 13-17 Desember 2019 mendatang.

Materi soal yang diujikan antara lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilihaan umum, ketatanegaraan, kepartaian serta kelembagaan dan pengawasan pemilu.

Candrawansyah berharap, sistem yang digunakan Bawaslu dalam rekrutmen menghasilkan pengawas kecamatan yang mumpuni. 

  • Tentang Penulis

    Ikhwan Wijaya

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Ikhwan Wijaya

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00