• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kota Bandar Lampung

Cegah Banjir Masyarakat di Himbau Untuk Menjaga Kebersiahan Lingkungan Trutama Saluran Drainase

16 November
14:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Memasuki musim hujan masyarakat dihimbau  untuk menjaga kebersiahan lingkungan dengan tidak membuang sampah di kali dan atau siring saluran air agar tidak terjadi banjir.

Dikatakan Wali kota Bandarlampung Herman HN,  Sabtu (16/11/2019) sebagaimana kita ketahui dan adanya perkiraan badan meteterologi, klimatologi dan giofisika (BMKG) bahwa  dibulan Nopember ini untuk wilayah Lampung diperkirakan mulai memasuki musim penghujan dan insensitasnya cukup tinggi.

Guna menghindari terjadinya banjir dan luapan air kepemukiman warga masyarakat harus menjaga kebersiahan lingungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sebab jika sampah dibuang di kali atau tempat saluran air lainnya seperti siring dan drainase dapat membuat saluran air tersebut tersumbat.

Sehingga menurutnya hal tersebut juga menjadi penyebab ketika hujan lebat air meluap hingga ke pemukiman warga dan banjir disejumlah titik dikota Bandar Lampung.

Walikota juga mengatakan,  dinas pekerjaan umum (PU) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung melakukan penggalian derainase dan siring saluaran air yang dipenuhi oleh sampah yang dibuang masyarakat.

“Ya saya menghimbau kepada masyarakat jangan buang sampah dikalilah disembarangan karena itu yang sering tersumbat sana tersumbat sini, mudah mudahan lancar inikan BPBD apanmanya PU saya gali-gali artinya sampah  nyumbat sana, nyumbat sini liat aja sudah banyak yang ini,”Ujarnya

Lebih lanjut Herman HN, mengatakan dalam upaya mencegah terjadinya bencana banjir, maupun hal lainnya seperti pohon tumbang, BPBD kota Bandar Lampung disiagakan 24 jam.

Tidak hanya itu petugas dinas PU, Perhubungan, dan dinas kesehatan serta polisi pamong praja yang tergabung dalam suatu tim, juga disiagakan agar  saat ada kejadian dapat di tangulangi dengan cepat.

“Jadi dalam mencegah banjir maupun pohon tumbang dan kejadian lainnya saya sudah perintahkan BPBD, dinas PU, Kesehatan, Perhubungan sama Pol PP agar satu tim siaga 24 jam apabila ada kejadian langsung ditangulangi dengan cepat,”Ungkapnya

Wali kota itu juga minta kepada Para Camat, Lurah dan Ketua RT serta masyarakat juga harus ikut terlibat dalam menjaga lingkungannya dan waspada ketika hujan deras pastikan saluran air atau drainase tidak tersumbat./FN/

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00