• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kota Bandar Lampung

Antisipasi Longsor Di Bukit Batu, BPBD Surati BPLH Hingga Ke Lurah

14 November
14:18 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bandar Lampung : Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, akan melakukan upaya antisipasi terjadinya bencana, menjelang memasuki musim hujan tahun ini.

Salah potensi bencana yang akan diantisipasi BPBD Kota Bandar Lampung adalah bencana longsor yang dapat terjadi dari bukit-bukit yang telah mengalami penggerusan.

Kepala BPBD Kota Bandar Lampung Syamsul Rahman kepada RRI mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan jajarannya untuk mengantisipasi bencna longsor dari bukit-bukit yang telah mengalami penggerusan akibat ulah tangan manusia, antaralain dengan melayangkan surat ke stakeholder terkait, seperti Badan Pengelola Lingkungan Hidup, Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan.

Surat yang dilayangkan BPBD itu menurutnya, untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa, jika sewaktu-waktu bukit-bukit yang telah tergerus tersebut mengalami longsor, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu dikawasan bukit kelurahan Sukamenanti.

Syamsul Rahman mengungkapkan, koordinasi yang dilakukan BPBD Kota Bandar Lampung dengan stakeholder terkait itu hanya sebatas mengantisipasi terjadinya bencana longsor didaerah bukit yang mengalami penggerusan, khususnya saat terjadi peningkatan intensitas curah hujan.

Sementara untuk penghentian aktifitas penggerusan bukit, menurutnya ada dalam kewenangan pemerintah Provinsi Lampung.

"Kalo untuk perizinan bukit itu ada dikewenangan Pemerintah Provinsi Lampung, tapi nanti kami akan surati BPLH, Camat dan LUrah, untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi bencana longsor di bukit-bukit batu yang adai di Kota Bandar Lampung,"ungkapnya (14/11/2019).

Seperti diketahui, pada akhir Oktober lalu, tepatnya tanggal 31 Oktober 2019, bukit batu di Jalan Harimau, Kelurahan Sukamenanti Baru, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung, mengalami longsor, yang diduga disebabkan adanya aktivitas penambangan batu ilegal.

Meski tidak menyebabkan korban jiwa, longsoir yang terjadi siang hari tersebut, sempat membuat panik para pekerja penambang batu dan masyarakat yang bermukim diwilayah bukit Sukamenanti.

  • Tentang Penulis

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00