• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Santri Bertanggung Jawab Mengamalkan Ajaran Agama Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

22 October
15:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Mahasisiwa UIN Raden Intan Pada Hakikatnya Juga Santri, Yang Memiliki Jiwa Pengorbanan dan Mandiri, Diharpakan untuk menghargai semua perbedaan dan tidak menyebarkan informasi yang hoax.          

Ratusan santri atau sivitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Selasa (22/10/2019) menggelar upacara bendera dalam ranggka peringatan hari santri nasional.

Usai pelaksanaan Upacara peringatan hari santri nasional Rektor UIN Raden Intan Lampung yang juga Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Lampung Prof M Mukri kepada wartawan mengatakan melalui peringatan hari santri nasional tersebut para santri dapat menanamkan sikap  toleransi.

Artinya menjunjungtinggi sikap saling menjaga dan menghormati  kepada semua orang serta menjaga perdamaian dan keamanan  antar bangsa.

Disamping itu para santri juga diharpakan untuk menjaga sifat tasamuh yang menghargai semua perbedaan dan jangan sampai ada yang menyebarkan informasi yang hoax pada era revolusi industri saat ini.

Menurutnya para mahasisiwa UIN Raden Intan pada hakikatnya mereka seperti santri, dimana santri merupakan para murid yang diharapkan memiliki jiwa pengorbanan dan mandiri.

Dijelaskan para mahasiswa yang siap hidup mandiri , mereka juga siap bertanggung jawab dalam melanjutkan kemajuan dan komitmen kebangsaan serta menjaga keutuhan NKRI

“Santri adalah para murid yang memiliki jiwa khidmat, jiwa pengorbanan dan mandiri. Diharapkan kepada santri, khususnya para mahasiswa agar siap untuk hidup mandiri. Mereka bertanggung jawab akan komitmen kebangsaan dan mengamalkan ajaran agama untuk menjaga keutuhan NKRI,” Ujar Rektor itu.

Lebih Lanjut Prof M Mukri menjelaskan selain komitmen agama, sipat santri merupakan bangsa yang saling menghargai dan saling melengkapi, karena Indonesia memang bangsa plural yang beragam dengan harapan bisa terbangun maju dan berdaya. Santri juga merupakan masyarakat suka damai yang membawa kesejukan.

Ia berpesan  kepada para Santri agar tidak menyebar berita hoax, tetapi sebaliknya harus memberikan berita gembira kepada masyarakat, termasuk mendorong agar masyarakat optimistis bahwa bangsa Indonesia lebih maju lagi kedepan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00