• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kota Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Percepat Pembangunan Dinding Pencegah Longsoran TPA Bakung Untuk Antisipasi Musim Penghujan

16 October
17:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Guna mengatasi pencemaran lingkungan pemukiman warga,  Pemerintah Kota Bandar Lampung, melakukan upaya dengan membangun dinding pembatas dan instalasi pengolahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung.

Dikatakan walikota Bndar lampung Herman HN, Rabu (16/10/2019) berdasarkan hasil tinjauan yang sudah dilakukan, bahawa pembangunan dinding penahan longsor TPA Bakung Teluk Betung Barat yang sedang berjalan diperkirakan sudah mencapai 50 persen.

Namun walikota telah mengintruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Bandar Lampung untuk mempercepat penyelesaiannya dan ditargetkan dalam waktu satu bulan kedepan sudah selesai.

Untuk itu Ia juga meminta agar pelaksanaan pengerjaannya dilakukan siang malam, agar persoalan TPA Bakung yang menampung sampah masyarkat kota Bndar lampung tersebut dapat segera teratasi.

Tidak hanya itu setelah dilakukan pembangunan dinding penahan longsoran sampah tersebut, nantinya juga akan dibangun kolam leachate, atau kolam penampung air sampah yang sudah dapat dialirkan ke saluran drainase tampa mengandung limbah berbahaya.

Lebih lanjut Herman HN menjelaskan, tinggi dinding penahan longsor tersebut 10 meter panjang sekitar 60 meter dan dengan ketebalan dinding 5 meter.

“Ya tadi saya cek pengerjaannya sudah 50%. Saya sudah instruksikan ke camat untuk memantau terus pembangunannya siang malam, agar enggak sampai satu bulan sudah selesai," Ujar Walikota itu.

Menyikapi intruksi walikota Bndar lampung tersebut Kepala dinas PU kota Bandar Lampung Iwan Gunawan menjelaskan bahwa dinding pembatas tersebut  untuk menahan agar timbunan sampah TPA bakung tidak masuk kearea pemukiman warga.

Adapun dana yang digunakan untuk proyek dinding penahan sampah tersebut mengunakan  APBD tahun 2019 sebesar 5 miliar rupiah.

Ia juga menjelaskan terkait rencana pembangunan kolam leachet, akan dilaksanakan ditahun 2020 mendatang, kolam leachate dikamsud untuk menampung air yang berasal dari rembesan sampah diolah supaya bersih dan bisah disalurkan ke drainase warga.

“Anggaranya mengunakan APBD 2019 Sebesar  5 miliar rupiah, jadi kita harapakan nanti di bulan Desember, saat musim hujan sudah tegak berdiri. Sedangkan  Ditahun 2020 akan dibangun kolam Leachate untuk menampung air yang berasal dari rembesan sampah diolah supaya bersih dan bisah disalurkan ke drainase warga " Ujar iwan Gunawan.

Lebih lanjut Kadis PU itu mengatakan, pada perinsipnya sebagaimana intruksi walikota Bandar Lampung Herman HN, bahwa untuk Proyek pembangunan dinding penyangga sampah akan rampung satu bulan kedepan.  

Sehingga menghadapi musim penghujan terutama di Bulan Desember mendatang dinding penahan longsor tersebut sudah berdiri dan dapat menahan tumpukan sampah dari longsor yang dapat masuk ke area pemukiman warga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00