• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kota Bandar Lampung

Cuaca Ekstrime Berpotensi Terjadi Di Lampung Selama Tiga Hari Kedepan

15 October
14:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Stasiun Metorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Radin Inten Dua Lampung, meminta masyarakat dan pemerintah melakukan langkah antisipasi menjelang datangnya peralihan musim, dari kemarau ke musim hujan, yang diprediksi akan terjadi muai akhir Oktober hingga awal November mendatang.

Kepala Seksi Data dan Informasi, Stasiun Metorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Radin Inten Dua Lampung, Rudi Haryanto kepada RRI mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana dampak dari cuaca ektrime yang sering terjadi ketika akan memasuki musim pancaroba dan saat musim pancaroba nanti, BMKG akan memberikan peringatan dini kepada masyarakat melalui media sosial dan instansi terkait.

Bahkan berdasarkan prediksi Stasiun Metorologi BMKG Radin Inten Dua Lampung, selama 3 hari kedepan, wilayah Lampung berpotensi mengalami cuaca ekstrime, seperti hujan deras yang datang secara tiba-tiba, dengan disertai angin kencang.

Namun menurutnya prediksi terjadinya cuaca ekstrime diwilayah Provinsi Lampung hanya terdapat pada beberapa wilayah, seperti Kabupaten Lampung Barat, Lampung Utara, Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu.

"Selama tiga hari kedepan kami prediksi, cuaca ekstrime akan melanda beberapa wilayah di Lampung. Yang cukup berpotensi terjadi wilayah Lampung Bagian Utara dan Barat, seperti  Kabupaten Lampung Barat, Lampung Utara, Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu,"jelasnya (15/10/2019).

Seperti diketahui, berdasarkan prediksi Stasiun Meteorologi Radin Inten Lampung maupun Stasiun Klimatologi Masgar Pesawaran, Provinsi Lampung masih akan mengalami musim kemarau hingga akhir Oktober ini.

Sementara pada bulan November, Provinsi Lampung baru akan memasuki peralihan musim kemarau ke musim hujan. Sedangkan untuk musim hujan, diprediksi untuk wilayah Lampung baru akan terjadi pada akhir November hingga awal Desember mendatang.

  • Tentang Penulis

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00