• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kota Bandar Lampung

Berhasil ODF, Adipati Ingin Bawa Way Kanan Unggul di Lampung

11 October
15:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandarlampung-Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, bertemu dan berdiskusi dengan peserta Fieldtrip Jurnalistik yang diselenggarakan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS).

Pertemuan antara jurnalis dengan Adipati yang digelar Jumat, (11/10/2019) di Kantor SNV Indonesia, di bilangan Way Halim, Bandar Lampung berlangsung santai dan akrab.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal dan seluruh masyarakat yang mendukung upaya pemerintah menuntaskan pilar kesatu dari lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yakni stop buang air besar sembarangan (BABS).

"Berkat dukungan dari semua komponen akhirnya kami bisa mendeklarasikan Kabupaten Way Kanan Open Defecation Free (ODF), karena menjadi daerah yang telah 100 persen stop atau BABS," tuturnya.

Menurutnya, dengan predikat ODF yang diraih, dirinya ingin membawa Kabupaten Way Kanan menjadi daerah yang unggul di Provinsi Lampung.

Ia menjelaskan, persoalan sanitasi menjadi sangat penting, karena tidak hanya berkaitan dengan BAB yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat, namun lebih dari itu bagaimana merubah perilaku buruk masyarakat yang terbiasa BABS.

"Untuk meraih ODF, banyak tantangan yang kami hadapi. Mulai dari luas wilayah, perilaku masyarakat, hingga ketersediaan anggaran," paparnya.

Sebab tambah Adipati Surya, untuk menuntaskan persoalan sanitasi di Kabupaten Way Kanan, pemerintah daerah tidak bisa hanya mengandalkan APBD.

"Anggaran khusus untuk sanitasi gak mungkin diambil seluruhnya dari APBD. Saya mengeluarkan Perbup yang mengamanatkan 30 persen anggaran Dana Desa digunakan untuk sanitasi," jelasnya.

Selain komitmen kepala daerah Adipati juga mengakui, masyarakat harus diberi pemahaman yang utuh terkait dengan persoalan sanitasi.

"Saya menyadari, mempertahankan ODF yang sudah diraih cukup sulit. Itu sebabnya saat ini program yang sudah ada akan terus dijalankan termasuk merubah perilaku masyarakat," tambah Adipati.

Diketahui, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya telah melaksanakan deklarasi ODF sebagai daerah yang telah 100 persen stop atau bebas BABS.

Deklarasi dilakukan Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, di hadapan Menteri Kesehatan RI, Nilla F Moeloek, di Bandar Lampung pada 22 Maret 2019 lalu.

Selain jurnalis, pertemuan juga dihadiri Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati, dan Wash Advisor SNV Indonesia, Bambang Pudjiatmoko.

  • Tentang Penulis

    Ikhwan Wijaya

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Ikhwan Wijaya

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00