• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kota Bandar Lampung

ITERA Gelar Seminar Nasional Kebencanaan

16 September
14:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Dalam upaya memberikan pengetahuan terkait dengan kebencanaan, Institute Tekonologi Sumatera –ITERA- menggelar Seminar Nasional Membangun Generasi Muda Indonesia Untuk Tanggap Bencana Di Era Revolusi 4.0.

Bencana alam merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi secara loangsung maupun tidak langsung mengganggu kehidupan manusia. Dalam hal ini bencana alam dapat menyebabkan kerugian bagi manusia baik secara materi, non materi, bahkan jiwa. Paling tidak ada interaksi empat faktor utama yang dapat menimbulkan bencana-bencana tersebut menimbulkan banyak korban dan kerugian besar, yaiutu kurangnya pemahaman terhadap karakteristik bahaya, sikap atau perilaku yang mengakibatkan penurunan sumbaer daya alam, kurangnya informasi dan peringatan dini yang menyebabkan ketidaksiapan, hingga ketidakberdayaan atau ketidakmampuan dalam menghadapi ancaman bahaya.

Hal tersebut menjadi latar belakang Seminar Nasional Membangun Generasi Muda Indonesia Untuk Tanggap Bencana Di Era Revolusi 4.0 yang dilaksanakan ITERA.

Ketua Panitia Seminar yang juga Dosen Teknik Geofisika ITERA, Erlangga Ibrahim Fattah kepada RRI  (16/09/2019) menjelaskan, salah satu tujuan dari seminar tersebut yakni, meningkatkan peran pemuda dalam pengurangan resiko bencana di wilayah-wilayah rawan bencana di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera.

“tujuan dari seminar tersebut yakni, meningkatkan peran pemuda dalam pengurangan resiko bencana di wilayah-wilayah rawan bencana di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera., karena biasany pemuda ini paham tindakan pasca bencana namun masih belum mengetahui apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi”, jelas Erlangga Ibrahim Fattah.

Melalui Seminar Nasional tersebut, lanjut Erlangga Ibrahim Fattah, diharapkan dapat menciptakangenerasi yang sadar dan tanggap bencana dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat guna.

Direncanakan sekitra 4 ratus peserta akan mengikuti Seminar Nasional tersebut di ITERA pada Selasa 17 September 2019.

 Seminar tersebut akan mengahadirkan tiga pembicara yakni Kepala UPT MKG ITERA dan dosen ITB Zadrach L. Dupe, President Of Indonesian Disaster Expert Association –IABI- Harkunti Pertiwi Rahayu, dan Staf Balai Litbang Bahan Dan Struktur Bangunan, Pusat Litbang Perumahan dan Pemukiman Kementrian PUPR, Maya Anggraini.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00