• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kurikulum Kebencanaan Esensi Siapkan Generasi Tanggap Bencana

16 September
12:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Guna menyiapkan generasi tanggap bencana, Kepala UPT MKG Institute Teknologi Sumatera Zadrach L. Dupe menegaskan kurikulim kebencanaan menjadi esensi dalam kurikulum pembelajaran peserta didik mulai taman kanak-kanak atau TK.

Indonesia mempunyai kondisi geografis yang unik, karena indonesia berada di 3 lempeng tektonik dunia yakni lempeng Eurasia, lempeng India-Australia, dan lempeng Pasifik, sehingga gempa bumi dan tsunami bisa terjadi kapan saja.

Menurut Kepala UPT MKG Institute Teknologi Sumatera –ITERA- Zadrach L. Dupe, dalam Dialog RRI Bandar Lampung, Senin pagi (16/09/2019), kondisi tersebut mengharuskan seluruh elemen masyarakat Indonesia siap siaga dalam menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja. Bahkan lebih dari itu, kesiapsiagaan bisa dilakukan sebelum bencana datang, salah satunya dengan memahami hal yang harus dilakukan saat terjadi bencana sehingga dapat meminimalisir berbagai dampak kerugian akibat bencana.

Zadrach L. Dupe yang juga merupakan dosen Institute Teknologi Bandung –ITB- menegaskan, jika melihat dari potensi kebencanaan di Indonesia, pendidikan terkait dengan kesiapsiagaan bencana sebenarnya menjadi esensi utama dalam mempersiapkan masyarakat yang siaga bencana. Bahkan sejak taman kanak-kanak pendidikan tersebut penting dilakukan, sehingga masyarakat memahami karakter bencana, hingga prosedur yang harus dilakukan ketika terjadi bencana agar tidak panik.

Kemendikbud, lanjut Zadrach L. Dupe seharusnya menjadikan pendidikan kebencanaan masuk menjadi salah satu kurikulum pembelajaran peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa.

“pendidikan terkait dengan kesiapsiagaan bencana sebenarnya menjadi esensi utama dalam mempersiapkan masyarakat yang siaga bencana. Bahkan sejak taman kanak-kanak pendidikan tersebut penting dilakukan, sehingga masyarakat memahami karakter bencana, hingga prosedur yang harus dilakukan ketika terjadi bencana agar tidak panik”, tegas Zadrach L. Dupe.

Dalam upaya memberikan pengetahuan terkait dengan kebencanaan dan kesiapsiagaan bencana, Institute Tekonologi Sumatera –ITERA- mengadakan Seminar Nasional Membangun Generasi Muda Indonesia Untuk Tanggap Bencana Di Era Revolusi 4.0.

Salah satu tujuan dari seminar tersebut yakni, meningkatkan peran pemuda dalam pengurangan resiko bencana di wilayah-wilayah rawan bencana di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00