• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

Debat Capres Harus Lahirkan Ide Mendorong Ekonomi & Daya Saing Indonesia Di Dunia

13 April
20:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung: Pengamat ekonomi dari Universitas Lampung melihat masih ada ketimpangan ekonomi antara Jawa dan daerah diluar Jawa.

Pengamat ekonomi dari Universitas Lampung, Asrian Andi Cahya, diacara nonton bareng debat terkahir Capres dan Cawapres di RRI Bandar Lampung, mengatakan, ekonomi Indonesia sebagian besar masih disumbang oleh Pulau Jawa, meskipun saat ini kelihatannya pembangunan infrastruktur banyak dilakukan diluar Jawa, pada kenyataanya 45% pembangunan infrastruktur masih dilakukan di Pulau Jawa.

Asrian juga memberikan catatan pada sektor investasi di Indonesia dimana saat ini marak tenaga asing yang bekerja di Indonesia sementara ada sekitar 8 juta rakyat Indonesia yang menganggur.

Melalui debat terakhir capres yang mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi serta industri dirinya berharap, masing masing calon memberikan ide dan gagasan yang dapat memberikan solusi bagi perekonomian Indonesia.

Dijelaskan, tema yang diangkat pada debat tersebut sangat menarik, karena ekonomi dan politik memiliki kaitan yang sangat erat, sebab jika kasus korupsi tidak dapat dituntaskan oleh pemerintah bisa menghambat investasi yang dapat berdampak pada perekonomian.

"Muara dari semua ini,bagaimana para calon memiliki solusi untuk menurunkan angka kemiskinan melalui banyaknya kesempatan bekerja," ujar Asrian Andi Cahya.

Sementara Pengamat Hukum dan Politik Universitas Lampung, Yusdianto mengatakan, debat ini salah satu cara menyampaikan program kepada masyarakat dan diharapkan ada gagasan dari para calon.

"Kedepan mestinya lokasi debat berada di kampus-kampus dengan mengundang pakar-pakar agar para peserta bisa mengkritisi bukan hanya ceremonial," kata Yusdianto.

Terkait tema debat ekonomi dan kesejahteraan sosial, Yusdianto, dirinya berharap para capres dapat menyampaikan grand strateginya untuk menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil dan maju kedepannya, sehingga dapat mendorong daya saing Indonesia di dunia.

"Yang paling penting saat ini dibutuhkan ide-ide untuk mengikis kesenjangan ekonomi yang semakin dalam," pungkasnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00