• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

Masyarakat Kota Metro Deklarasikan Pemilu Damai

28 February
21:28 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bandar Lampung: Pembacaan deklarasi pemilu damai 2019 mewarnai Talk Show Dialog Interaktif Menuju Pemilu Aman dan Sejuk dengan Tema Suara Generasi Millenial yang diadakan Polda Lampung di Kota Metro, Kamis(28/02/19).

Pembacaan deklarasi pemilu damai 2019 yang dipimpin oleh ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda itu diikuti antusias peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam dialog tersebut hadir sebagai narasumber Komisioner KPU Lampung, Erwan Bustami, Dirintelkam Polda Lampung, Kombes Pol. Amran Ampulembang, Pengamat Politik, Dr. Agus Muhammad Septiana.

Komisioner KPU Lampung, Erwan Bustami mengatakan, pemilih millenial di Lampung cukup besar, dari sekitar 6 juta pemilih di Lampung, 40% diantaranya pemilih millenial yang bersifat tidak loyalis tetapi mengedepankan rasionalitas dalam memilih pemimpin bangsa ini baik lokal maupun nasional.

Menurutnya, agar tidak terjebak kampanye hitam, pemilih pemula harus pandai mencermati, karena hal itu tidak baik untuk proses demokrasi.

"Generasi millenial memiliki kekuatan, saya rasa pemilih millenial cukup luar biasa karena mencapai 40% yang memiliki sikap tidak loyalis tetapi memilih mengedapankan rasonalitas dalam menentukan pilihannya, nah 40% ini jika bersamaan menentukan pilihan bisa memenangkan kontestasi pemilu," ujar Erwan Bustami.

Sementara Dirintelkam polda lampung, Kombes Pol. Amran Ampulembang, mengatakan, pihaknya bersama stackholder terkait selalu mengajak dan merangkul pemilih millenial untuk menjaga pemilu yang tertib dan sejuk.

"Dengan suara generasi millenial yang sangat significant, saya berharap generasi ini dapat konsen dan betul-betul menjalankan proses demokrasi dengan baik karena kedepan merekalah yang akan memegang tampuk pimpinan," kata Kombes Pol. Amran Ampulembang.

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Politik, Dr. Agus Muhammad Septiana, mengatakan, dengan potensi suara yang besar, pemilih milennial sangat potensial, oleh sebab itu kekuatan besar ini harus disalurkan dengan benar dalam mengikuti pemilu 2019, karena satu suara akan memberikan pengaruh yang besar bagi bangsa ini.

"Saya mengajak generasi millenial berani melawan hoaks dengan cara bijak dalam menerima dan membagikan informasi, mencari tahu kebenaran informasi tersebut dan mengingat dampak dari informasi yang akan dibagikan," ujar Dr. Agus Muhammad Septiana.

Selain di Kota Metro, dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang damai, Polda Lampung juga mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema  "Peningkatan peran potensi masyarakat dalam memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif guna mewujudkan pemilu 2019 yg aman damai dan sejuk" di Kabupaten Lampung Barat.

Acara yang dibuka Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu itu, diikuti 100 orang peserta serta menghadirkan narasumber Asisten 1 Pemkab Lambar Wasisno Sembiring, Kapolres Lambar AKBP Doni Wahyudi, Ketua KPU Lambar Imtizal, Ketua Panwas Lambar Iin Gusanto dan  Sosiolog Unila, Andi Windah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00