• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

Dinilai Daerah Rawan Pelanggaran, KPU Lampung Tingkat Profesional Petugas Penyelenggara

4 December
14:03 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Hasil survey Bawaslu RI yang menyebutkan Provinsi Lampung merupakan salah daerah di Indonesia yang rawan terjadinya pelanggaran pemilu mendapat respon dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung.

Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi SDM dan Sosialisasi Antonius kepada RRI mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi untuk meminimalisr terjadinya pelanggaran pada pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang.

Selain meningkatkan profesional penyelenggara ditingkat bawah, KPU Provinsi Lampung juga menurutnya melakukan perbaikan sistem penyelengaraan pemilu. Dalam perbaikan sistem penyelenggaraan pemilu tersebut, KPU Lampung melakukan scan cepat terhadap form C1, yang langsung diupload kesistem yang telah disiapkan.

Dengan langkah tersebut, Antonius optimis, penyelenggara pemilu khususnya ditingkat Desa hingga Kecamatan, tidak akan dapat melakukan manipulasi haril penghitungan suara yang telah dilakukan usai tahapan pemungutan suara.

"KPU Lampung akan berupaya maksimal dalam mengantisipasi berbagai bentuk pelanggaran pemilu khususnya pada saat penghitungan suara. Kami telah membekali petugas pemungutan suara dengan profesionalisme dan sistem pengiriman hasil penghitungan suara yang cepat,"tegasnya (04/12/2018).

Diketahui, pengamat politik Universitas Lampung Robi Cahyadi menyatakan, dari 33 Provinsi diseluruh Indonesia, Provinisi Lampung menempati urutan kedelapan daerah yang rawan terjadinya pelanggaran pemilu dengan nilai 49 koma 56 tingkat kerawanan, melampaui rata – rata angka indeks  kerawanan pelanggaran pemilu tingkat nasional yang hanya mencapai 49 koma nol.

Menurutnya, terdapat empat yang dinilai rawan terjadinya pelanggaran pemilu, yakni Variabel keamanan pemilu, Netralitas ASN, Politik uang, dan penyebaran informasi Hoax serta politisasi Sara.

  • Tentang Penulis

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00