• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

Lampung Rawan Pelanggaran Pemilu

4 December
13:39 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Masyarakat diseluruh wilayah Provinsi Lampung diharapkan dapat berperan aktif dalam melakukan monitoring ekstra ketat untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya pelanggaran pada pelaksanaan hajat Demokrasi Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Lampung Robi Cahyadi pada dialog Memilih itu Juara yang digelar RRI Bandar Lampung bersama KPU Lampung Selasa siang mengatakan peran aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan terjadinya pelanggaran pada setiap tahapan pemilu dinilai sangat penting, mengingat Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah di Inondesia yang memiliki tingkat kerawanan pelanggaran pemilu yang cukup tinggi.

Menurutnya dari 33 Provinsi diseluruh Indonesia, Provinsi Lampung masuk dalam 15 besar daerah yang rawan pelanggaran Pemilu. Bahkan dari 15 bersar daerah yangb rawan pelanggaran pemilu tersebut, menurutnya Provinsi Lampung menempati urutan kedelapan dengan nilai 49 koma 56 kerawanan.

"Dari survey Bawaslu, Lampung dinilai menjadi daerah yang rawan penggaran pemilu, dan menempati urutan kedelapan dari seluruh Provinsi di Indonesia, ini harus menjadi perhati kita bersama,"ungkapnya (04/13/2018). 

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi SDM dan Sosialisasi Antonius ketika dikonfimasi RRI usai dialog Memilih itu Juara megungkapkan, dalam mengantisipasi terjadi berbagai pelanggaran pemilu, KPU Lampung melakukan beberapa upaya, seperti dengan meningkatkan profesional penyelenggara ditingkat bawah, hingga perbaikan sistem penyelengaraan pemilu.

"KPU Lampung telah melakukan upaya dalam mengantisipasi dan meminimalir terjadinya pelanggaran pemilu, seperti dengan meningkatkan profrsional petugas penyeenggara,"jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Antonius, kerawanan pergeseran perolehan suara ditingkat KPPS baik ditingkat desa hingga di tingkat Kecamatan yang rawan terjadi telah diantisipasi KPU Lampung dengan melakukan scan cepat terhadap form C1, yang langsung diupload.

  • Tentang Penulis

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00