• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

Bawaslu Kota Bandar Lampung Temukan Tiga Pelanggaran Pemilu

15 November
11:58 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Kota Bandar Lampung menyatakan akan memaksimalkan pengawasan selama berlangsungnya berbagai tahapan pada pelaksanaan pemilu tahun 2019.

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung Candrawansah kepada RRI mengatakan, selama tahapan pemilu legislatif maupun pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019, pihaknya telah menemukan 3 pelanggaran yang cukup mendominasi.

Pelanggaran yang ditemukan Bawaslu Kota Bandar Lampung tersebut yakni beredarnya iklan diluar tahapan, adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menjadi calon legislatif ditingkat Provinsi, dan saat ini Bawaslu Kota Bandar Lampung juga masih menangani kasus pelanggaran pemilu yakni adanya caleg yang belum memenuhi persyaratan umur.

Untuk kasus iklan diluar tahapan pemilu dan adanya ASN yang menjadi caleg, menurut Candrawansyah, saat ini kasus tersebut telah dilimpahkan ke Bawaslu Provinsi Lampung, dan saat ini masih menjalani persidangan di Bawaslu Lampung terkait dugaan pelanggaran administrasi.

"Ada tiga kasus yang cukup besar kita tangani selama tahapan pemilu 2019 ini, dua kasus telah kami limpahkan ke Bawaslu Provinsi Lampung dan sati kasus masih terus kita proses,"jelasnya (15/11/2018).

Disisi lain Candrawansyah mengatakan, dalam melakukan pengawasan selama tahapan pemilu 2019 mendatang, pihaknya memiliki beberapa kendala seperti keterbatasan personil.

Sehingga dirinya berharap peran aktif masyarakat untuk turut melakukan pengawasan selama proses tahapan pemilu, dan melaporkan ke Bawaslu jika diketahui adanya indikasi kuat telah terjadi pelanggaran pemilu yang dilakukan para peserta pemilu.

  • Tentang Penulis

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

  • Tentang Editor

    Indra Achmad

    Reporter RRI Bandar Lampung<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00