• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Merasa Haknya Bertahun – Tahun Terzalimi, Puluhan Karyawan PT.RPP Aceh Singkil Mogok Kerja

26 February
17:20 2020
0 Votes (0)


KBRN, Singkil : Merasa haknya sebagai pekerja di suatu instansi atau organisasi terzalimi selama bertahun – tahun, Puluhan Karyawan Pabrik yang bergerak  di bidang perkebunan Kelapa Sawit PT. Runding Putra Persada (PT.RPP) Aceh Singkil melakukan aksi mogok kerja.


Kegiatan memilih untuk mandek dalam mengolah Crude Palm Oil (CPO) tersebut, murni di lakukan khusus para karyawan Pabrik PT.RPP Aceh Singkil, yang di rencanakan akan berakhir hingga Senin (02/03/2020) mendatang sebelum pihak Perusahaan merealisasikan tuntutan atau permintaan para karyawan.

" Kegiatan mogok yang kami lakukan para Karyawan Pabrik, adalah untuk menuntut janji dari Perusahaan terhadap hal – hal yang menjadi hak karyawan." Sebut Koordinator aksi sekaligus sebagi Ketua Pengurus Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan (PUP-PT RPP) Aceh Singkil Pendi Tinambunan Rabu (26/02/2020)

Kemudian Fendi menyebutkan, di antara yang mereka tuntut, tentang penetapan status karyawan sebagai PKWTT (Karyawan Tetap) harus  di buktikan dengan Surat Keputusan (SK) dari Perusahaan, kemudian meminta SOP jam kerja sesaui dengan regulasi,  dan pemberlakuan kepada seluruh karyawan baik tetap maupun karywan training menyamakan Upah Minimum Pekerja (UMP) sesuai dengan ketetapan Pemerintah. Serta memperhatikan fasilitas- fasilitas Kesehatan Karyawan terutama tentang BPJS Ketenagakerjaan.

" Kami minta SK dari Perusahaan tentang Karyawan tetap. Kemudian SOP Kerja harus sesuai regulasi, dan masih banyak tuntuan lain yang terdapat kedalam delapan poin." Tambahnya

Di samping itu, Fendi juga mengatakan, aksi mogok yang sudah berlangsung selam tiga hari ini masih akan tetap berjalan. Dah bahkan para Karyawan mengancam akan menghentikan aktivitas Pabrik apabila tuntutan mereka tidak juga di realisasikan pihak Perusahaan. Terutama, tentang status pekerja dari Buruh Harian Lepas (BHL) menjadi Karyawan Tetap.

" Sebelum tuntutan kami di realisasikan, kami tidak akan berhenti. Terutama status kami di perjelas." Tegasnya 

Selanjutnya, menanggapi tuntutan dan permintaan Karyawan Pabrik, General Menejar PT.Runding Putra Persada (RPP) Aceh Singkil Zulkarnaein mengungkapkan, untuk aksi mogok bekerja yang di lakukan karyawan Pabrik, perusahaan tidak melarang. Akan tetapi poin-pin terkait tuntutan yang membuat karyawan ini memilih untuk mogok bekerja sebagian sudah di realisasikan dan butuh proses untuk mencapai keseluruhan.


" Kami tidak melarang mogok, akan tetapi dari beberapa tuntutan para karyawan sudah kita realisasikan. Seperti SK Karyawan sudah siap kita buat dan akan kita serahkan. Serta tuntutan lainya juga sedang kita proses akan tetapi bertahap." Jelas Zulkarnain 

Sementara itu,  informasi yang berhasil di himpun RRI. Sebelum melakukan aksi mogok kerja, para  karyawan Pabrik terlebih dahulu melayangkan surat pemberitahuan kepada Pimpinan PT. RPP Aceh Singkil dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnaker)  Kabupaten Aceh Singkil, terkait dengan kegiatan yang mereka tempuh untuk memperjuangkan haknya sebagai pekerja. 

Serta persoalan antara pihak PT.RPP Aceh Singkil dengan Karyawan Pabrik kali ini, sudah di ketahui Oleh Binwas Disnaker Wilayah III Barat Selatan Aceh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00