• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Polres Sabang Bekuk Empat Pengguna Narkoba, Satu Diantaranya Warga Negara Asing

26 February
15:14 2020

KBRN, Sabang: Satuan Narkoba Kepolisian Resort Sabang berhasil meringkus empat orang pengedar dan pengguna narkoba jenis ganja di wilayah hukum Polres Sabang.

Dari keempat tersangka tersebut, satu diantaranya merupakan warga negara Prancis bernama  Luc Michel Philippe Gaujour, yang tertangkap saat sedang asik menikmati barang haram tersebut, disalah satu penginapan di lokasi wisata Pasir Putih Gampong Paya Keunekai.

Demikian keterangan Kapoles Sabang AKBP Muhammadun SH, yang disampaikan melalui Kasat Narkoba AKP Erizal SE, didampingi Kabag Ops AKP Anton Praptono, SH, MH dalam konferensi Pers di aula Mako Polres Sabang, Selasa sore kemarin.

Khusus seorang warga negara asing bernama  Luc Michel Philippe Gaujour 37 tahun, tidak ada indikasi sebagai bandar. Karena barang yang di beli untuk dia pakai sendiri. Itu berserak di tempat tidurnya. Saat kami datang memang sedang pake dia. Begitu kita datang dia koperatif. Langsung dia tunjukkan semua BB," ujar Erizal, Selasa (26/02/20).

Sementara ketiga tersangka lainnya yang diduga kuat sebagai pengedar yaitu M.Yusuf bin Hasbalah 34 tahun, pekerjaan Wiraswasta, Selanjutnya Azhar alias Aji bin Jufni Ismail 26 tahun, pekerjaan wiraswasta yang keduanya beralamat di Jurong Alue Jaba, Gampong Bate Shok, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang dan Yusman Ahmad bin Ahmad 58 tahun, pekerjaan sebagai nelayan beralamat di Jurong Tgk Nek Rahman, Gampong Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya Sabang.

Adapun kronologis kejadian terang Erizal, berawal  pada hari Senin 24 Februari 2020, sekitar Pukul 19.00 WIB, di Batee Shok pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada tindak pidana penyalahgunaan narkoba jenis ganja di kawasan itu.

“Kronoligisnya itu berawal pada hari senin tanggal 24 febuari 2020, bertempat di Batee Shok dapat informasi dari masyarakat bahwa ada tidak pidana penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Lalu kami dari Polres Sabang langsung dipimpin kasat reskrim, melakukan penylidikan. Sewaktu penyelidikan, mendapatkan ada tersangka, langsung kami lakukan penangkapan Azhar alias Aji,”

Pada hari yang sama, Setelah dilakukan introgasi selanjutnya berkembang ketersangka lainnya Yusman Ahmad bin Ahmad dengan barang bukti 7 ons ganja. Dari hasil introgasi lebih lanjut, mengarahlah kasus tersebut pada si bulek warga negara Prancis itu, dengan barang bukti ganja yang tengah dihisap, bahkan di atas tempat tidurnya berserakan biji dan daun ganja, serta gulungan besar ganja dalam tas ransel.

Dari pengakuan para tersangka, semua barang bukti narkoba jenis ganja itu diperoleh dari tersangka Azhar alias Aji bin Jufni Ismail. Untuk itu Polres Sabang masih akan terus mendalami kasus ini, dikarenakan tersangka mengaku barang bukti tersebut didatangkan dari Banda Aceh. RA

00:00:00 / 00:00:00