• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Komplotan Maling Pembobol Puluhan Handphone di Aceh Tamiang Diciduk, Kerugian Rp 123 Juta

26 February
14:45 2020

KBRN, Aceh Tamiang : Polisi meringkus tiga orang tersangka pembobol toko handphone di Kota Lintang, Kabupaten Aceh Tamiang. Para tersangka ditangkap setelah membawa kabur 43 handphone berbagai merk dengan cara menjebol toko tersebut. 

Kasat Reskrim Polres Aceh Tamiang AKP M. Ryan Citra Yudha mengatakan, dalam kasus ini korban mengalami kerugian mencapai Rp 123 juta. 

"Kasus ini terjadi pada Minggu 23 Februari 2020 sekira pukul 02.00 WIB. 
pelaku sebanyak 6 orang," kata Ryan, Rabu (26/2/2020). 

Dia menyebutkan, dari enam orang tersangka, tiga di antaranya berhasil ditangkap, sementara tiga lainya kabur. 

"Yang sudah tertangkap tiga orang. Sementara tiga lainya DPO. Adapun tiga tersangka yang ditangkap berinisial TJP, MS, dan HK, ketiganya warga Medan, Sumut," ujar Kasatreskrim. 

Para tersangka ini, ucap Ryan, diringkus di Medan Johor, Sumatera Utara. Dari tangan para tersangka ini diamankan barang bukti berupa delapan buah handphone, 19 kotak handphone berbagai merek dan kunci leter L.

Ryan menjelaskan, kasus ini bermula saat para tersangka melakukan pekerjaan borongan papan branding sebuah merek handphone dan membetulkan plafon di ruko tersebut. 

"Kemudian satu hari sebelum kejadian mereka merencanakan untuk mencuri HP di ruko tersebut.  Keesokan harinya pada pukul 02.30 wib dini hari, para pelaku melancarkan aksinya dengan menjebol etalase yang berisi HP dengan kunci leter L," terangnya. 

"Setelah para pelaku mengambil HP sebanyak 43 buah, mereka langsung kabur dengan menggunakan bus ke arah Medan," tambah Ryan. 

Sementara motif pelaku melakukan tindak pidana kejahatan ini karena ekonomi. Rata-rata pelaku sudah berkeluarga. 

"Pasal yang kita kenakan yaitu pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tegas Kasatreskrim. 

00:00:00 / 00:00:00