• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Cuaca Extrim Diprediksikan Akan Berakhir Esok

24 February
11:21 2020

KBRN, Sabang: Cuaca extrim yang melanda Kota Sabang sejak sepekan terakhir, diprediksikan akan berakhir pada 25 Febuari 2020 esok.

Hal tersebut dikatakan kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maimun Saleh Kota Sabang, Siswanto. Menurutnya, hal ini sesuai dengan laporan prakirawan yang diterimanya.

“Setelah lima hari terakhir dilanda cuaca buruk, yang diawali kecepatan angin dan gelombang extrim, kita perkirakan ini berakhir tanggal 25 febuari 2020. Namun kondisi extrim yang telah berakhir nanti bisa timbul kembali pada pertegahan bulan maret,” terang Siswanto, Senin (24/02/20).

Sementara untuk hari ini 24 Febuari 2020, kecepatan angin sudah mulai menurun, yang berkisar antara 4- 20 Knot, dengan tinggi gelombang 1,0- 2,5 meter. Sementara jika melihat tiga hari terakhir, kecepatan angin mampu menginjak angka 30 knot, atau setara 60 km/ jam, sedangkan gelombang laut berkisar antara 2- 4 meter.

“Jadi tanggal 24 hari ini, potensi masih mencapai 20 knot, tapi secara karakteristik sudah mulai menurun dibandingkan dua tiga hari lalu itu bisa mencapai 30 knot, atau mencapai 60 km/ jam.”

Tambahnya, prediksi yang dilakukan akan mendekati akurat, biasanya dapat dilihat tujuh atau lima hari sebelum terjadinya perubahan cuaca tersebut. Hal ini merupakan dinamika admosfer yang selalu berubah dengan cepat.

Untuk itu pihaknya akan melakukan pemantauan yang lebih khusus dan detail, serta akan mempublikasikan perkembangannya melalui media, baik melalui media sosial, maupun media pemberitaan lainnya. RA

00:00:00 / 00:00:00