• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Dihantam Ombak Besar, Ponton Dermaga Kapal Cepat Rusak dan Nyaris Tenggelam

23 February
19:02 2020

KBRN, Sabang: Dihantam gelombang besar, Ponton (dermaga apung) kapal express yang berada di kawasan pelabuhan Balohan Kota Sabang nyaris tenggelam.

Hal itu bermula dari terlepasnya Ponton dari tiang pancang yang disebabkan tiupan angin kencang dan tingginya gelombang yang berkali- kali menghantam ponton tersebut sejak pukul 18.00 wib kemarin.

Demikian dijelakan Kepala UPTD Pelabuhan Balohan Sabang Agustiar, S.S.T,Mar. Dikatakan, ponton dermaga apung kapal cepat yang berada di Pelabuhan Balohan Sabang sudah terlepas dari tiang pancang sejak kemarin sore, pada malam harinya kondisi cuaca semakin buruk sekira pukul 21.30 Wib yang menyebabkan ponton tersebut nyaris tenggelam.

“Sejak pukul 18.00 Wib kemarin ponton dermaga apung kapal cepat yang berada di Pelabuhan Balohan Sabang sudah terlepas dari as roda tiang pancang, dan malamnya pada pukul 21.30 cuaca semakin buruk hingga menyebabkan ponton tersebut nyaris tenggelam,”Kata Agustiar, Minggu (23/02/20).

Pada saat kejadian ponton dermaga apung kapal cepat lepas dari as roda tiang pancang, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena angin kencang dan ombak cukup besar, maka pihaknya hanya mengikatnya dengan tali agar tidak hanyut terbawa arus.

Tambahnya, kondisi ini jelas mengganggu jalur pelayaran Sabang- Banda Aceh dan sebaliknya, bahkan pada hari Jumat dan Sabtu kemarin, keberangkatan kapal cepat serta trayek ke II dan ke II kapal Roro sempat dihentikan.

Hal itu dibenarkan Husaini, Supervisi Lintas Uleelheue - Balohan ASDP Aceh. Meski demikian kata Husaini tidak ada penumpukan kenderaan dan penumpang di pelabuhan. Kenderaan roda dua dan roda empat serta penumpang kapal semua terangkut pada trip pertama PP.

“ Tidak ada penumpukan kenderaan dan penumpang di Pelabuhan, semua bisa terangkut dengan kapal pada trip pertama hanya tinggal empat unit mobil pribadi saja yang tidak bisa kita angkut karena muatan kapal sudah penuh,” ujar husaini.

Tambahnya, Untuk hari ini pelayaran direncanakan dua trip, akan tetapi juga melihat kondisi cuaca selanjutnya apabila memungkinkan untuk dilakukan pelayaran. Namun apabila kondisi cuaca memburuk maka pelayaran akan kembali diunda. RA

00:00:00 / 00:00:00