• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Boat karam nelayan Sabang gagal melaut di terjang Gelombang tinggi

20 February
14:50 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sabang : Satu Boat Nelayan Karam diterpa gelombang tinggi yang dipicu angin kencang di kawasan Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Sang Nelayan selamat namun boat mengalami rusak parah dihantam gelombang.  

Seorang nelayan atas nama Putra sekitar pukul 10.00 Wib Kamis (20/02/2020) pagi tadi mengalami naas. Boat yang dikendarainya untuk mencari ikan karam dikawasan sekitar pantai Gampong Iboh Kecamatan Sukakarya Kta Sabang akibat diterjang agelombang tinggi yang dipicu angin kencang. Pihak BPBD Kota Sabang yang langsung turun ke lapangan menyusuri jalan sepanjang pantai yang diinformasikan oleh masyarakat. Putra sendiri saat ditemukan disekitar pantai berhasil selamat, Sementara boat yang dinaikinya hancur berkeping setelah di hempas gelombang.  

Kasi.kegawatdaruratan BPBD Kota Sabang Budiman Kamis (20/02/2020) mengatakan saat ditemukan pemilik boat Putra hanya bisa mengambil alat-alat yang masih bisa digunakan saja seperti mesin dan alat pancing disekitar puing boat. 

“pemilik hanya bisa mengambil sisa-sisa barang bisa diselamatkan seperti mesin boat dan pancing dan lainnya. gelombang laut sekitar Sabang beberapa hari belakang memang agak tinggi mencapai 2,5 meter karena dipicu angin kencang” ucapnya. 

Sementara itu pelayaran 2 kapal cepat juga dibatalkan pada Kamis hari ini untuk keberangkatan dari Banda Aceh dan Sabang pada siang dan sore hari karena tingginya gelombang. 

Kepala BMKG Kota Sabang Siswanto  mengingatkan perairan Sabang dan sekitar nya gelombang tinggi mencapai 3 meter,  hal ini dikarenakan adanya pusat tekanan tinggi di Samudra Hindia barat Australia dan peningkatan kecepatan angin di sebagian perairan Indonesia yang berdampak pada ketinggian gelombang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00