• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Kongsi Bergengsi, Program Terbaru Pahlawan Kebersihan Kota Sabang di Awal Tahun 2020

18 February
15:01 2020
2 Votes (4.5)

KBRN, Sabang: Setelah sukses pada program kebersihan berbasis warga setempat di Gampong (desa) Aneuk Laot, FKH Teurawah kembali merancangan program serupa dengan slogan Kongsi Bergengsi.

Program kebersihan yang dirintis bersama KOTAKU Kota Sabang itu, akan berfokus di Gampong Kuta Barat, dengan target awal di dua jurong (dusun), di desa setempat.

Ketua Forum Komunitas Hijau Teurawah Kota Sabang Irwan Mahdi kepada RRI mengatakan, sub program yang ditawarkan dalam program Kongsi Bergengsi ini tidak jauh dari poin- poin yang pernah diterapkan di Gampong Aneuk Laot dan program Sahabat Kota yang pernah digagas pihaknya dalam lima tahun terakhir.

"Kalau sub program itu tidak jauh berbeda dengan yang sudah-sudah kita lakukan. Hanya saja karena Kuta Barat ini pemukiman padat, jadi sistem kebersihan dan sosialisasinya menyesuaikan dengan lokasi," jelas Irwan, Selasa (18/02/20).

Tambah Irwan, pihaknya pun telah melakukan kunjungan dan diskusi, bersama Keuchik Gampong (kepala desa) dan aparatur Gampong Kuta Barat, dengan memberikan paparan terkait rencana program ini.

"Kami bersama KOTAKU beberapa waktu lalu sudah melakukan pemantau lokasi, serta melakukan koordinasi bersama aparatur Gampong. Kita berikan paparan, dari KOTAKU juga. Dan kita lihat aparatur gampong KBB sangat menyambut baik. Saat ini kita hanya tinggal menunggu penganggaran dari Gampong.

Lebih lanjut diterangkan Irwan, Ada beberapa poin penting dalam mengawali program Kongsi Bergengsi, bila mana disetujui Keuchik bersama Masyarakat Kuta Barat. Antara lain, Fokus pada aktifitas yang akan merubah perilaku dan pola pikir masyarakat agar lebih sadar kebersihan, cegah prilaku buang air besar sembarangan, serta sejumlah poin pendukung, seperti penanaman bunga, pembersihan selokan secara berkala, dan sebagainya. RA

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00