• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Sejumlah Kalangan Desak Pemkab Aceh Besar Perbaiki Jalan Longsor

18 February
02:38 2020

KBRN, Kota Jantho : Berbagai kalangan minta kepada Pemkab Aceh Besar untuk segera memperbaiki longsoran badan jalan Kabupaten yang menghubungan sejumlah gampong (desa-red) dalam Kemukiman Lamteuba ke Ibukota Kecamatan Seulimeum dan Ibukota Kabupaten Aceh Besar di Jantho.

Salah seorang tokoh masyarakat Lamteuba Muzakir kepada RRI (Senin (17/2/2020) malam mengatakan, longsor badan jalan di daerah Gampong Lambada  terjadi pada Minggu (16/2/20202) dini hari dan sejauh ini belum ada tanda-tanda untuk mendapat perbaikan.

“Untuk itu saya mewakili masyarakat sejumlah gampong dalam kemukiman Lamteuba meminta kepada Pemkab Aceh Besar untuk segera memperbaikinya karena jalan tersebut satu-satunya sarana transfortasi darat untuk menuju ke ibukota kecamatanh dan ibukota kabupaten Aceh Besar,”ujar Muzakir yang akrab disapa Cek Boy.

Sementara itu Wakil Ketua Fraksi PAN DPRK Aceh Besar, Dapil 1 Aceh Besar Muhsinir Marzuki, S.Sos yang dihubungi RRI menjelaskan, longsoran yang terjadi di badan jalan tersebut sangat membahayakan penguna jalan.

“Longsor tersebut terjadi dijalan lintas Seulimeum-Lamteuba, dan jalan tersebut merupakan  akses masyarakat Lamteuba untuk ke ibukota kecamatan, juga ke ibu kota kabupaten Aceh Besar,”sebutnya.

Untuk itu Muhsinir Marzuki meminta kepada pemerintah kabupaten Aceh Besar atau pihak terkait lainnya untuk segera memperbaikinya sehingga arus lalu lintas darat di daerah tersebut kembali lancar seperti biasa.

“Posisi longsor terjadi di ujung jembatan dan di tikungan yang cukup tajam,
Jika kondisi ini dibiarkan, dikhawatirkan akan jatuh korban jiwa manusia apa lagi di malam hari,”kata Muhsinir Marzuki yang politisi Partai PAN itu.

Ia menambahkan, jalan tersebut selain akses ke ibukota kecamatan,dan kabupaten,
juga sarana transfortasi masyarakat Lamteuba untuk pergi ke kebun/ladang, yang merupakan mata pencaharian sebagian besar masyarakat setempat.

Sebagaimkana diberitakan sebelumnya jalan utama yang menghubungkan sejumlah gampong dalam kemukiman Lamteuba ke ibukota kecamatan Seulimeum nyaris putus total akibat terjadinya longsong (erosi badan jalan) di kawasan Gampong Lambada.(Ril)

00:00:00 / 00:00:00