• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Disambut Haru, 8 Mahasiswa Dari Wuhan Pulang ke Aceh

17 February
16:22 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Dengan menggunakan pesawat Citilink, mahasiswa asal Aceh yang telah menjalani masa observasi di Natuna tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Senin (17/2/2020). Ada delapan mahasiswa yang pulang ke Aceh dan mereka tiba dalam dua penerbangan. Penerbangan pertama pada pukul 08.45 WIB dan penerbangan kedua dengan pesawat Lion Air pukul 10.30 WIB. 

Setiba di Bandara SIM Aceh, mahasiswa ini tampak keluar langsung dari pintu kedatangan domestik. Mereka disambut oleh keluarga yang telah menunggu di pintu kedatangan. Sebagian mahasiswa ada yang memilih langsung pulang ke kampungnya dan sebagian lagi dijamu oleh pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Sosial. 

Salah satu mahasiswa bernama Ori Safwar mengungkapkan rasa syukurnya karena telah bisa kembali ke Aceh. Namun Dia mengaku senang meskipun sebelum bisa berkumpul dengan keluarga harus menjalani dulu masa observasi selama 14 hari di Pulau Natuna. 

“Senang bisa kembali ke Aceh,” kata Ori. 

Ori menyatakan, akan terus memantau perkembangan terhadap kondisi di Wuhan. Jika sudah kondusif maka dirinya bersama teman-teman mahasiswa lainya akan kembali ke negeri tirai bambu itu. 

“Tunggu dulu sampai Wuhan kondusif, kalau sudah kondusif baru akan kembali lagi ke Wuhan,” tutur mahasiswa asal Banda Aceh itu.  

Sementara itu, Direktur Persatuan Pelajar Indonesia se-Tiongkok Mulia Mardi yang juga tampak ikut menjemput kepulangan mahasiswa di Bandara SIM Aceh mengatakan, saat ini semua mahasiswa sudah kembali ke daerahnya, dan sudah mulai melanjutkan kegiatan kuliah melalui online. 

“Sebagian mahasiswa ada yang sudah mulai kembali aktif kuliah jarak jauh lewat online,” kata Mulia. 

Pemerintah Aceh menyebutkan, total mahasiswa Aceh yang dievakuasi dari Wuhan ke Natuna berjumlah 13 orang. Namun yang pulang ke Aceh 11 orang dan tiga orang di antaranya akan pulang pada Selasa (18/2/2020)  besok. 

Sementara dua orang memilih untuk menetap di Pulau Jawa karena ada keperluan. Pemerintah Aceh menegasakan, rombongan mahasiswa yang pulang ke Aceh dari Wuhan dinyatakan bebas virus novel corona setelah menjalani masa observasi. Masyarakat juga diminta tidak resah dan diharapkan dapat menerima kepulangan mahasiswa dari China ini. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00