• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

ADB Adventure 2020 : Menjajal Trek Ganas di Hutan Belantara Aceh Besar

16 February
16:02 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : 568 rider menjajal Trek di jalur menantang kawasan pegunungan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar di ajang Aceh Dirt Bike (ADB) Adventure 2020, Sabtu (15/2/2020). 

Para rider dipaksa bersusah payah untuk melewati jalur terjal, curam, dan sungai dalam kondisi diguyur hujan. Menurut pantauan RRI, ada sebagian rider yang kembali ke garis finish hingga malam hari.  

Ada sekitar 100-an rider yang berhasil melewati rintangan dari chek poin pertama hingga chek poin akhir. Namun ada juga sebagian rider yang terjebak di hutan belantara dan memaksa untuk kembali ke jalur awal. 

"Jalurnya berat, trek basah karena hujan sejak siang hingga malam hari," ujar salah satu peserta. 

Sementara itu, salah satu penonton yang datang untuk menyaksikan olahraga motor garuk tanah ini bernama Khalis mengungkapkan, baru kali ini ia dapat menyaksikan langsung para rider yang sangat antusias melewati jalur menantang, meskipun diguyur hujan lebat. 

"Seru dan menantang, apalagi masing-masing rider dipaksa beradu kecepatan dengan waktu karena saat hujan mengguyur pegunungan Aceh Besar, air sungai sudah mulai naik, jika sedikit saja telat, maka rider bisa terjebak di seberang sungai. Selain itu, di jalur yang dilewati panorama alam pegunungan Aceh Besar juga sangat indah," kata warga Banda Aceh itu, Minggu (16/2/2020). 

Ajang Aceh Dirt Bike (ADB) Adventure 2020 tidak hanya diikuti oleh rider lokal, namun juga dimeriahkan oleh rider dari berbagai daerah bahkan ada yang datang dari Malaysia. 

Ke-568 rider yang tergabung dalam 93 klub/komunitas motor trail itu, memulai petualangannya dari Balai Kota Banda Aceh hingga ke kawasan Aceh Besar dan finish di Taman Sari. Total jarak tempuh mencapai 80 kilometer dengan melewati sejumlah objek wisata favorit.

Uniknya, sejumlah pejabat daerah seperti Bupati Mandailing Natal, Bupati Labuhan Batu Utara, Bupati Aceh Selatan, dan Wabup Abdya turut menjadi peserta. 

"Ada juga peserta dari Kalimantan bahkan dari negara jiran Malaysia," ucap Kadis Pariwisata Banda Aceh Iskandar.

Dalam ajang ini, panitia juga membagikan aneka doorprize menarik di penghujung acara. "Hadiah utama berupa satu unit motor trail. Ada juga tiga motor bebek, helm, dan banyak lagi hadiah lainnya," ungkap Iskandar.

00:00:00 / 00:00:00