• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Jalan Longsor, Lintas Lamteuba-Seulimeum Nyaris Putus

16 February
15:29 2020


KBRN, Kota Jantho :  Jalan utama yang menghubungkan sejumlah gampong dalam kemukiman Lamteuba ke ibukota kecamatan Seulimeum nyaris putus total akibat terjadinya longsong (erosi badan jalan) di kawasan Gampong Lambada.
Menyusul terjadinya longsor badan jalan tersebut meski tidak ada korban jiwa, namun menimbulkan kecemasan warga setempat apabila tidak mendapat penanganan dengan segera karena takut putus hubungan tranfortasi darat.
Petugas Operator Pusdalops PB Aceh Besar Rifaldy Achmad Mahendra yang dihubungi RRI mengatakan, informasi tentang kejadian longsornya biram jalan pertama di terima oleh petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar melalui pesan Whatsapp (Group Damkar Abes) yang diteruskan oleh Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP.
"Lokasi jalan yang terkikis tersebut merupakan bagian ruas jalan utama penghubung Kemukiman Lamteuba dengan pusat kecamatan Seulimeum yang persis nya di kepala jembatan Alue puntui Desa Lamteuba,"ujar Rifaldy didampingi Keuchik Iqbal Minggu (16/2/2020).
Menurut keterangan kejadian tersebut akibat dampak dari tinggi nya intensitas hujan yg mengguyur kawasan tersebut sejak Sabtu (15/2/2020) sore sehingga telah mengakibatkan terkikis nya biram jalan tersebut.
"Meski demikian jalan masih bisa dilalui oleh warga masyarakat namun masyarakat harus ekstra hati hati agar tidak terperosok ke biram tersebut terutama bagi warga yang menggunakan kendaraan jenis roda empat,"sebutnya.
Keuchik Iqbal menambahkan, 
setelah menerima informasi petugas pos Seulimeum atau pos terdekat langsung bergerak kelokasi untuk melakukan pemantauan dan pengecekan lokasi yang dimaksud.
"Setiba dilokasi petugas memasang rambu rambu seadanya untuk mengingat atau tanda agar masyarakat yang melintas untuk dapat hati hati saat melintas,"ujarnya lagi.
Hasil amatan dan pantauan petugas di lokasi kejadian hingga saat ini ruas jalan utama tersebut masih bisa dilalui namun apa bila intensitas hujan kembali tinggi maka di khawatirkan longsor tersebut semakin meluas 
"Oleh karena demikian hasil kajian petugas telah di sampaikan kepada pimpinan untuk dapat melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penanganan selanjutnya,"demikian Iqbal.

.

00:00:00 / 00:00:00