• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

RKPK 2021 Pemkot Sabang Mengedepankan Delapan Prioritas Pembangunan

13 February
14:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sabang: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang, menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) Sabang untuk Tahun 2021. Kamis (13/2/2020)

Konsultasi Publik RA RKPK Sabang untuk tahun 2021 digelar bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan rancangan awal RKPK Sabang untuk Tahun 2021.

Berharap dapat menghasilkan rumusan kesepakatan yang nantinya dituangkan didalam berita acara, dilampiri dengan rumusan perbaikan rancangan awal RKPK Sabang untuk Tahun 2021, sebagai acuan dalam penyusunan rancangan rencana kerja (Renja) perangkat daerah di tahun 2021 mendatang.

Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPK Sabang tahun 2021, dengan tema Pemantapan dan Pemberdayaan Potensi Unggulan Kota melalui Kemandirian Masyarakat berbasis Kearifan Lokal, dibuka Walikota Sabang, Nazaruddin, S.Ikom, melalui Wakilnya, Suradji Junus, di dampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang, Faisal Azwar.

Dalam sambutan tertulisnya, Suradji, dihadapan peserta Konsultasi Publik RA RKPK Sabang untuk tahun 2021, menyampaikan, dalam realisasinya berkeinginaan arah pembangunan Kota Sabang selain mengkoordinasikan rencana pelaksaan pembangunan yang mampu menjawab issu strategis di Kota Sabang.

Selain itu, Tahun 2021 merupakan tahun ke Empat dari pemerintah Kota Sabang dalam upaya pencapaian Visi pemerintah Kota Sabang, untuk mewujudkan pembangunan Kota Sabang yang mandiri berbasis wisata maritim yang berazaskan syariah bersama ulama dan umara.

Sesuai dengan tema RA RKPK Tahun 2021 pemerintah Kota Sabang mengedepankan 8 (Delapan) prioritas pembangunan dengan 37 sasaran dan 95 indikator sasaran, dengan tujuan utama Pemantapan dan Pemberdayaan Potensi Unggulan melalui Kemandirian Masyarakat berbasis Kearifan Lokal pariwisata kelautan dan perikanan menuju kesejahteraan berkeadilan dan berdaya saing.

Delapan prioritas dimaksud, Peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan Syariat Islam, Peningkatan kualitas hidup manusia melalui pengurangan kemiskinan dan pengangguran serta peningkatan pelayanan dasar, Perbaikan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan nilai tambah jasa produktif pertanian, perikanan, perdagangan dan industri.

Selain itu, Pengembangan pariwisata berbasis kearifan lokal dan potensi daerah, Pengurangan kesenjangan antar wilayah memalui penguatan infra struktur dasar, konektifitas dan pengembangan wilayah strategis, Pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan dan pengurangan resiko bencana, Penguatan tata kelola birokrasi pemerintahan, dan Peningkatan kemandirian daerah dengan meningkatkan pendapatan asli daerah dan APBK.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Sabang berharap, selain penyusunan RKPK untuk Tahun 2021 lebih cermat dan terintegratif, dan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi pemerintah Kota Sabang dan masyarakat dengan tepat. (HBS)

00:00:00 / 00:00:00