• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Pemkab Aceh Besar Salurkan Air Bersih untuk Warga Sejumlah Gampong di Lhoknga

12 February
00:08 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Besar menyalurkan air bersih untuk masyarakat di Kemukiman Lamlhom dan Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Selasa, 11 Februari 2020.

Penyaluran air bersih yang dilakukan untuk warga di 10 gampong di Kecamatan Lhoknga tersebut adalah mereka yang sudah melaporkan kekeringan sumur di daerahnya.

"Penyaluran air bersih ini kami lakukan atas laporan Imeum Mukim Lamlhom yang menyampaikan bahwa sudah lebih dari 2 bulan masyarakat harus membeli air untuk kebutuhan sehari-hari,”kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Farhan AP, Selasa (11/2/2019)

“Setelah kami bicarakan dengan Majelis Keuchik dan Mukim (MKT) Lamlhom, maka kami sepakati untuk mensuplai air bersih untuk masyarakat Lamlhom dan juga masyarakat Seubun dan Lambaro Seubun,"ujarnya.

Farhan juga menyampaikan terimakasih kepada pihak PDAM Tirta Montala, yang sudah menyediakan air bersih untuk kegiatan ini. Selain itu terima kasih diucapkan kepada BPBA Aceh dan Balai Sarana Permukiman Wilayah Aceh yang sudah membantu tambahan armada untuk kegiatan kemanusiaan ini sehingga kegiatan penyaluran air bersih untuk masyarakat yang terdampak kekeringan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Berdasarkan hasil kesepakatan dengan MKT Lamlhom dan instansi pendukung, kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dua kali seminggu dan akan dilakukan dievaluasi pelaksanaan sambil berjalan.

Sementara itu Keuchik Mns Karieng Lamlhom, Ridwan Ibrahim menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya kepada BPBD Aceh Besar atas pasokan air bersih untuk masyarakatnya yang dikoordinir langsung Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP  dan untuk hari pertama telah disalurkan air bersih -+40.000 liter.

 “Ini sangat membantu karena selama ini masyarakat harus iuran untuk membeli air minum. Mudah-mudahan ini bisa berlanjut sampai dampak kekeringan yang melanda kemukiman Lamlhom ini berakhir. Terimakasih Pemda Aceh Besar atas bantuannya.

Ridwan Ibrahim menambahkan, Balai Sarana dan Permuiiman Wilayah Aceh juga menyiapkan enam unit tempat penampungan air kapasitas 2000 liter yang dipinjampakai kepada masyarakat  untuk menampung air yang dipasok oleh BPBD dan Balai Sarana dan Permukiman Wilayah Aceh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00