• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Virus Corona : 12 Mahasiswa Aceh Terjebak di Wuhan

26 January
00:19 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Dinas Sosial Aceh melaporkan 12 mahasiswa Aceh masih terjebak di Wuhan, salah satu kota di Cina yang terparah terpapar virus Corona. 

"Ada 12 orang yang terisolasi tidak bisa kemana mana termasuk teman dari kota lain ketika berlibur ke Kota Wuhan bernama Sapriadi dan intan terjebak dengan keadaan tidak bisa kembali ke kota Changchun," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri di Banda Aceh, Sabtu (25/1/2020). 

Menurut Alhudri, saat ini total mahasiswa Aceh yang masih di Tiongkok, Cina ada 23 orang. 

"Karena sebagian pelajar Aceh sudah kembali ke Aceh sebelum terisolasi," bebernya. 

Dikatakan Alhudri, pihaknya terus memantau perkembangan yang terjadi di Wuhan. 

"Laporan terkini belum ada warga Aceh yang terpapar virus Corona," sebut Alhudri. 

"Sesuai arahan Plt Gubernur kita terus memantau perkembangan dan keadaan warga Aceh di China, khususnya yang berada di Kota Wuhan, yang terletak di Provinsi Hubei," tambahnya. 

Menurutnya, peningkatan komunikasi dan koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Jakarta juga terus dilakukan guna mendapatkan informasi terkini. 

Terkait adanya usulan agar Pemerintah Aceh menjemput mahasiswa di China, Alhudri mengatakan, Pemerintah Aceh tidak memiliki kewenangan untuk secara langsung datang menjemput mahasiswa Aceh di sana.

"Hal itu dikarenakan persoalan hubungan antarnegara. Selain itu juga dikarenakan Kota Wuhan saat ini telah ditutup untuk jalur masuk dan ke luar. Hal itu dilakukan demi mencegah penularan virus tersebut ke luar Wuhan," pungkas Alhudri. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00