• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Blang Krueng Aceh Besar

18 January
15:38 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Sebuah rumah semi permanen milik Mukhsin (41 tahun) di Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 12.30 Wib terbakar.
Keterangan yang dihimpun RRI mengatakan, menyusul terjadinya musibah kebakaran tersebut Mukhsin bersama isterinya Wina Rahmayanti (35 tahun) beserta empat anaknya kehilangan tempat tinggal.
"Musibah kebakaran tersebut diduga akibat arus pendek dan sudah dalam penanganan pihak Polsek Baitussalam dan sudah dikerahkan armada Pemadam kebakaran,"ujar seorang warga setempat.
Sementara itu Kepala BPBD Aceh Besar Farhan AP melalui Operator Pusdalops PB Maswani dan Iqbal mengatakan, pihaknya dan dibantu warga sudah berupaya memadamkan api tapi rumah permamen tersebut terbakar mencapai 70 persen, dan tidak ada korban jiwa manusia.
Petugas piket Pemadam BPBD ACEH BESAR menerima informasi yang disampaikan oleh Anggota Rapi Aceh Besar JZ01LIK (Maulidin) melalui no Emergency 08116713113 kebetulan yang bersangkutan lagi mengikuti kegiatan BUMG di gampong tersebut pada saat peserta memasuki jam istirahat beliau keluar dan melihat api membakar salah satu rumah warga yang kebetulan berdekatan dengan meunasah Gampong tersebut,"ungkapnya.
Menurut keterangan saksi dilokasi kejadian yang berhasil petugas himpun kata Maswani, api pertama terlihat di plafon teras depan yang pada saat kejadian pemilik rumah sedang tidak berada di rumah Muchsin lagi berjualan di depan meunasah Gp Blang Krueng dan seketika saksi melihat api sudah menjalar kebagian plafon rumah kemudian saksi langsung memberitahu kepada pemilik rumah.
"Setelah mengetahui kejadian tersebut pemilik langsung memberitahukan kepada warga masyarakat di sekitar lokasi dengan cara melakukan pemadaman secara manual sambil menunggu armada Damkar.
Dikarenakan sigapnya masyarakat dan cepatnya datang Armada Damkar sehingga rumah tersebut tidak habis terbakar,"terangnya.
Ia menyebutkan, untuk penyebap kebakaran diduga akibat arus pendek namun untuk kepastian sudah dalam penanganan pihak berwajib Polsek Baitussalam.
Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran Pos Kajhu dan Pos Induk ke lokasi kejadian dan pemadam Kota Banda Aceh mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran ke Lokasi kejadian di dukung dengan Anggota Damkar berjumlah 13 orang.
Pemadaman baru selesai di lakukan oleh petugas pada pukul 13.30 Wib. "Dalam penangana tersebut petugas pemadam BPBD ACEH BESAR dan petugas pemadam kebakaran Kota Banda Aceh juga dibantu oleh personil TNI (Koramil setempat), POLRI (Polsek setempat), RAPI, dan warga masyarakat,"tambah Iqbal.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00