• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa 4,5 SR yang Mengguncang Aceh

18 January
12:04 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Masyarakat Aceh dikejutkan dengan gempa 4,5 magnitude yang mengguncang Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh pada Sabtu (18/1/2020) pagi sekitar pukul 08.55 WIB. Gempa ini bukan saja dirasakan di Aceh Jaya, namun getaran gempa terasa hingga ke Banda Aceh dan sekitarnya. 

“Getaran hentakan hanya satu kali, hitungan hanya beberapa detik,” kata Ismail, salah satu warga Banda Aceh. 

Sementata itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa ini tidak berpotensi tsunami. 

“Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 4,48 lintang utara dan 95,53 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 kilometer barat daya Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 62 kilometer,” Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan dalam keterangan yang diterima RRI. 

Dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lamno III MMI dan Banda Aceh, Aceh Jaya II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” bebernya. 

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” pungkas Edison. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00