• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Di Aceh Lagi Heboh Spanduk "Selamat Datang di Provinsi Termiskin se-Sumatera"

17 January
20:51 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Publik Aceh hari ini, Jumat (17/1/2020) dihebohkan dengan terpampangnya sejumlah spanduk yang berisi pesan selamat kepada pemerintah Aceh. Pesan selamat yang tertulis di spanduk berwarna biru itu bukan karena capaian positif, melainkan terkait Aceh masih menjadi daerah termiskin se-Sumatera. 

"Selamat datang di Provinsi Termiskin se-Sumatera," tulisan spanduk ini dipasang di kawasan dekat area Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM)  Blang  Bintang Aceh. Tak hanya di situ, sejumlah spanduk lainya juga terpasang di kawasan bundaran Simpang Lima pusat Kota Banda Aceh. 

"Selamat dan sukses kepada Pemerintah Aceh atas prestasi menjadi juara bertahan sebagai provinsi termiskin se-Sumatera," begitu isi tulisan di spanduk tersebut. 

Foto-foto spanduk itu pun viral di media sosial dan menuai beragam komentar dari para netizen. 

Tak jelas siapa yang memasang spanduk ini, namun hanya ada tulisan di bagian bawah sebelah kanan "Dari Rakyat Aceh." Diduga spanduk tersebut dipasang sebagai sikap kekecewaan masyarakat terhadap prestasi Aceh sebagai daerah termiskin se- Sumatera. 

Menindaklanjuti pemasangan spanduk tersebut, pihak kepolisian langsung menurunkannya sejak siang tadi. 

Personel Polsubsektor Blang Bintang Aceh Besar dipimpin oleh Kapolsubsektor Ipda Zulkarnel menurunkan Spanduk yang terpasang di Bundaran Keong Blang Bintang. Dan spanduk yang berada di bundaran Simpang Lima dan sejumlah lokasi lainya juga diturunkan. 


Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, mengatakan, penempatan spanduk tersebut tidak pada tempatnya. Meskipun belum mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

“Namun kalau sesuatu yang disampaikan di tempat umum, apabila ada yang merasa keberatan, bisa dilaporkan terkait apa maksud dari isi spanduk tersebut,” begitu kata Kapolresta Banda Aceh. 

Pemasangan spanduk ini diduga bentuk kekecewaan terhadap hasil yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh pada Rabu (15/1/2020) lalu. 

Kepala BPS Aceh Wahyudin saat itu mengatakan, Aceh masih berada pada peringkat pertama sebagai provinsi termiskin se-Sumatera. Sementara di tingkat nasional Aceh berada pada posisi ke 6. 

"Jumlah penduduk miskin di Aceh 810 ribu jiwa. Atau 15,1 persen. Berkurang 9 ribu jiwa jika dibandingkan dengan data pada Maret 2019 lalu," kata Wahyudin saat itu. 

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdul Gani yang saat itu juga hadir pada acara rilis tentang kemiskinan di kantor BPS Aceh berkata, persoalan kemiskinan bukan hanya persoalan yang dipikirkan oleh pemerintah. Namun, masyarakat juga harus ikut berperan dan berkontribusi. 

"Persoalan menurunkan angka kemiskinan ini kan ini berbicara soal peluang, bagaimana program-program pemerintah harus dimanfaatkan masyarakat. Karena indikator utama kemiskinan ini terkait pengangguran, jadi bagaimana masyarakat memanfaatkan lapangan kerja yang ada di pemerintah Aceh dan swasta," kata pria yang akrab disapa SAG itu. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00