• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Siaga Bencana, Jalur Evakuasi di Aceh Singkil Mulai Dibenahi

16 January
17:56 2020
0 Votes (0)

KBRN, Singkil: Sebagai bentuk kesiapsiagaan terhadap bencana, Pemerintah daerah Aceh Singkil akan melakukan pembenahan jalur evakuasi/ jalan mitigasi bencana yang ada di Kabupaten Aceh Singkil.  Dua jalur evakuasi (jalur mitigasi bencana) mulai mendapat perhatian, mengingat Aceh Singkil merupakan daerah rawan gempa.  Apalagi di Aceh Singkil juga pernah terjadi Gempa berpotensi Tsunami, yang menyebabkan banyak korban.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, M. Ichsan, kepada RRI mengatakan jalur evakuasi yang ditetapkan Pemerintah ada dua.  

“Pertama, Jalur Evakuasi dari Kecamatan Singkil ke Desa Sebatang, Gunung Meriah.  Untuk jalur evakuasi ini belum maksimal karena masih ada jalan sepanjang 3,5 KM arah Singkil yang kondisinya masih belum sempurna.  Selebihnya jalan menuju desa sebatang sudah bagus.  Kedua, yaitu Jalur Evakuasi dari Gelanggang Olahraga (GOR) Kasim Tagok, Kecamatan Singkil Utara menuju desa Sebatang.  Untuk Jalur Evakuasi ini akan dibenahi pada tahun 2020,” papar M. Ichsan.

M. Ichsan mengatakan apabila terjadi gempa yang berpotensi Tsunami, masyarakat dihimbau agar menghindar dan menjauhi pantai melalui Jalur-jalur Evakuasi yang ada.   Untuk jarak tempuh melalui Jalur Evakuasi Singkil menuju Sebatang diperkirakan hampir mencapai 15 KM.  Sedangkan jarak tempuh melalui Jalur Evakuasi dari GOR, Singkil Utara menuju desa Sebatang diperkirakan sepanjang 5 KM.

“Kami tidak berharap akan terjadi bencana.  Tapi apabila ada gempa yang kuat berpotensi Tsunami kami menyarankan kepada masyarakat agar menghindar dari tepi-tepi pantai menggunakan jalur evakuasi.  Jaraknya kalau dari GOR ke Desa Sebatang kurang lebih 5 KM, dari Singkil mungkin sekitar 15 KM,” kata M. Ichsan.

M. Ichsan mengatakan pembenahan jalur evakuasi sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi gempa berpotensi Tsunami.  Apalagi selama seminggu terakhir, gempa mengguncang Aceh Singkil sampai tiga kali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00