• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Tim SAR Gabungan Cari Korban Tenggelam di Sungai Aceh Tengah

13 January
13:59 2020
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Tim Search And Rescue (SAR) melakukan operasi pencarian terhadap satu orang korban tenggelam di sungai daerah Serule Wem Ratus, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Senin (13/1/2020). 

Korban yang diketahui bernama Khairul Abdi (38) warga Umur warga Dusun Mude Lah, Kecamatan Blang Kejeren, Gayo Lues itu tenggelam saat mencari ikan bersama rekannya. 

"Kejadian ini pada Kamis (9/1/2020) lalu. Korban pergi memancing bersama dua orang temannya pada pukul 17.00 wib pada saat menyeberang sungai korban terbawa arus dan tenggelam dan hingga kini belum ditemukan," kata Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono, Senin (13/1/2020). 

Dia menjelaskan, kronologi awalnya diketahui adanya korban tenggelam, saat  tim mendapatkan informasi dari Satgas SAR Blang Kejeren tentang satu orang tenggelam di Aceh Tengah

"Kemudian pukul 06.30 kemarin Kantor SAR Banda Aceh memerintahkan petugas Pos Siaga SAR Bireuen bergerak ke lokasi untuk melakukan pencarian," ujarnya. 

Untuk menuju ke lokasi, petugas harus menempuh perjalanan dengan medan yang berat. Petugas harus berjalan kaki selama 4 jam. 

"Pagi kemarin Pos Siaga SAR Bireuen tiba di Satgas SAR Bener Meriah untuk berkoordinasi dan memperiapkan pergeseran menuju Polsek Tibang. Kemudian pada pukul 11.00 WIB tim tiba di Polsek Tibang dan berkoordinasi dengan Polsek sambil menunggu keluarga korban dan saksi yang bergerak dari Blang Kejeren," ungkapnya. 

"Pukul 15.00 Wib tim SAR gabungan bergerak ke lokasi dengan jarak tempuh dari polsek Tibang ke Lokasi sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan dan 4 jam berjalan kaki, tim menginap di lokasi," beber Budiono. 

Budiono menambah, proses pencarian mulai dilakukan sejak pagi tadi dengan melibatkan Pos Siaga SAR Bireuen, Satgas SAR Blang Kejeren, Satgas Bener Meriah, BPBD, TNI, POLRI, dan masyarakat. 

"Pencarian dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan melakukan penyisiran dari lokasi menuju Sambar Kilang Kabupaten Bener Meriah dengan menggunakan 2 unit rafting jarak kurang lebih 65 kilometer dan membutuhkan waktu 2 hari 2 malam.

"Namun petugas kita menemukan kendala di lokasi karena jaringan komunikasi di lapangan sulit dikarenakan jauh dari pemukiman penduduk," pungkas Budiono. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00