• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Gajah Sumatera di Aceh Terancam Punah

13 January
13:54 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh: Penemuan bangkai anak gajah sumatera di perbatasan wilayah, kecamatan Cot Girek dan Paya Bakong Aceh Utara, pada jum at 10 Januari 2020, menunjukkan satwa liar yang dilindungi, tidak memperoleh hak hidup dengan baik.

Hal tersebut diperkuat, dari hasil Autopsi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, anak gajah berjenis kelamin betina yang diperkirakan berusia empat hingga enam minggu, mati akibat kelelahan dan dehidrasi, yakni kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapat.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh, Kamaruzzaman menjelaskan, gajah maupun satwa liar lainnya, tidak lagi merasakan kenyamanan akibat ulah manusia yang mengganggu habitat atau tempat tinggal satwa. Bahkan satwa semakin sulit memperoleh makanan di kawasan hutan.

“Tidak ada solusi dalam menyelesaikan konflik gajah dengan manusia, atau bahkan memberi rasa aman di habitat (tempat tinggal) satwa, jika aktivitas terlarang seperti pembalakan atau penebangan liar (Illegal Logging), pemburuan satwa, alih fungsi hutan masih terus dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.” Ujarnya (13/10)

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyatakan, 85 % Gajah Sumatera saat ini berada di luar kawasan konservasi, dan di luar hutan. Bahkan gajah sumatera merupakan salah satu spesies yang terancam punah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00