• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

FEBI UIN Ar-Raniry dan BPS Jalin Kerja Sama

10 December
01:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menandatangani naskah kerja sama (MoA) dengan Badan Pusat Statistik Banda Aceh dan Aceh Besar, 

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut MoU antara UIN Ar-Raniry dengan BPS Provinsi yang berlangsung beberapa bulan silam.

Dekan FEBI UIN Ar-Raniry, Dr. Zaki Fuad, M.Ag, disela-sela kegiatan, Senin (9/12/2019) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama yang dilakukan oleh Rektor dengan BPS provinsi Aceh, salah satu yang akan dilaksanakan nantinya adalah melakukan sensus penduduk pada tahun 2020 mendatang.

Dikatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kedua lembaga ini, yakni bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry dapat terlibat langsung bersama BPS dalam hal me

Selain itu kegiatan ini dalam rangka melatih mahasiswa dan memberikan pemahaman terhadap statistic yang digunakan untuk mengambil keputusan terhadap publik, BPS melibatkan mahasiswa untuk mengolah data dan lokasi yang dipilih adalah wilayah kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Hal yang paling penting dari kegiatan tersebut adalah, bagaimana mahasiswa nantinya dapat memahami proses pengolahan data dan intu sangat berguna disaat mereka melakukan penelitian dan menyelesaikan tugas akhir,” ujarnya.

Zaki Fuad menambahkan, selain penendatangan naskah kerja sama, juga dilakukan deklarasi “kampus pelopor sensus” dan kuliah umum yang disampaikan oleh kepala BPS Aceh Drs. Wahyudin, MM.

Sebelumnya, Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan, Dr. Saifullah Idris, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, MoU antara UIN Ar-Raniry dengan BPS Aceh diharapkan dapat memberikan manfaat kepada banyak pihak, baik bagi lembaga, mahasiswa dan masyarakat.

“Biasanya di UIN Ar-Raniry, pada tingkat universitas melakukan MoU, dan dilanjutkan MoA oleh fakultas-fakultas atau unit-unit yang terkait dengan program yang akan dilakaksanan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat ,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa hidup diera revolusi industry 4.0 ini, semua yang dilakukan harus disertai dengan data, untuk itu program dari BPS dapat berkolaborasi dengan mahasiswa dalam menjalankan program-program dengan masyarakat.

Saifullah mengajak kepada mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius, sebab apa saja yang dilakukan harus didukung dengan data, “ mari kita berbicara dengan data, tanpa data maka kita akan cet langet”.

Sementara itu, Kepala BPS Aceh, Drs. Wahyudin, MM menyampaikan kuliah umum tentang Pemanfaatan Data Statistik untuk Penelitian. Dalam materinya ia menyampaikan ebberapa hal antara lain tentang tingkatan informasi dalam memperoleh data.

Selain itu, Wahyudin juga menyampaikan beberapa jenis statistik, yakni statistik dasar, sektoral dan khusus. Selanjutnya ia menjelaskan tentang arti dan kegunaan statistik, serta beberapa hal lainnya yang menurutnya sangat penting diketahui oleh mahasiswa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00