• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Banjir di Aceh Singkil, Puluhan Rumah hingga Sekolah Terendam

5 December
19:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Aceh Singkil : Bencana banjir mengepung Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh dalam dua hari terakhir. Dilaporkan banjir telah melanda wilayah ini sejak hari Selasa (3/12/2019) lalu. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil melaporkan banjir merendam sejumlah desa di beberapa kecamatan. 

Menurut update pada Kamis (5/12/2019) banjir telah melanda Desa Bulusema, Desa Lae Bangun, dan Pangkalan Sulampi di Kecamatan Suro. Sementara di Kecamatan Gunung Meriah banjir merendam Kecamatan : Gunung Meriah Desa Cingkam dan Desa Tanah Merah. 

“Banjir yang saat ini terjadi disebabkan banjir kiriman dari wilayah Subulussalam, Aceh Tenggara, Pakpak Barat, dan Dairi Sumatera Utara sehingga mengakibatkan sungai meluap,” kata Kepala Pelaksana Badan Penganggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi dalam keterangan di Banda Aceh, Kamis (5/12/2019). 

Sunawardi mengungkapkan, dampak dari bencana banjir ini merendam puluhan rumah, sekolah hingga tempat ibadah. 

“Dampak material di Kecamatan Suro, Desa Lae Bangun satu unit rumah rusak berat, dua unit rumah rusak ringan, satu sekolah SD Lae Bangun yang menyebabkan buku-buku terendam dan satu unit Masjid,” bebernya. 

Sementara di Desa Bulusema 58 unit rumah terdampak, 51 diantaranya terendam, tujuh unit terdampak dan satu unit bangunan di kompleks gedung Islamic Center nyaris amblas ke sungai. Sementara di Desa Pangkalan Sulampi masih dalam pendataan dan di Desa Derah Cilaka dilaporkan jalan penghubung desa tertimbun longsor. 

Kemudian di Desa Blok VI baru Kecamatan Gunung Meriah dilaporkan satu kantor BUMDES rubuh. Sementara di Kecamatan Singhokor dilaporkan kondisi kepala jembatan untuk akses Desa Lae Sipola ke Kecamatan Singkohor amblas. Kendaraan roda empat tidak bisa lewat serta menghambat aktifitas masyarakat dan anak sekolah. Sementara jembatan Desa Lae Sipola menuju Kota Subulussalam sejak tahun 2016 sudah roboh hingga sekarang.

“Korban terdampak di Kecamatan Suro Desa Bulusema sebanyak 58 KK 302 jiwa. Desa Lae Bangun 77 KK dan Desa Pangkalan Sulampi masih dalam pendataan. Kecamatan Gunung Meriah Desa Tanah Merah 23 KK, Desa Cingkam masih dalam pendataan. Kemudian Kecamatan Simpang Kanan Desa Cibubukan  masih dalam pendataan Desa Tanjung Mas masih dalam pendataan. Kecamatan Singkil Desa Teluk Rumbi dan Desa Rantau Gedang masih dalam pendataan. Korban yang mengungsi masih dalam pendataan,” ungkap Sunawardi. 

Dilaporkan hingga siang tadi banjir masih merendam sejumlah desa di beberapa kecamatan. BPBD Aceh Singkil bersama pihak terkait telah diturunkan ke lokasi untuk melakukan monitoring dan melakukan pendataan. 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00