• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Disbudpar Aceh Kenalkan Usaha Wisata Trip 4X4 di Sabang

5 December
18:54 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sabang: Memicu pelaku usaha wisata dalam melahirkan ataraksi wisata baru di Kota Sabang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, gelar pelatihan pemandu wisata trip 4x4 di Kota Sabang.

Pelatihan yang digelar di salah satu resort ternama di Sabang pada 5-7 Desember 2019 itu, menargetkan driver guide di Kota Sabang yang tergabung dalam Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) dan perwakilan organisasi Koetaradja Rescue Capture Sabang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh Jamaluddin, melalui organizer pelaksana Irwan Mahdi, M. Tour kepada RRI menerangkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan wisata trip 4X4 kepada para peserta, agar dapat menjadi salah satu atraksi baru untuk Kota Sabang.

“Ini untuk memperkenalkan trip 4x4 pada pariwisata Aceh dan Sabang pada khusunya. Seperti kita ketahui, trip 4x4 di Pulau jawa itu sudah sangat booming dan sangat diminati, tapi di kita masih belum berkembang. Jadi pelatihan kali ini khusus memperkenalkan trip 4x4 ini di Sabang,” terang Irwan, Kamis (05/12/19).

Kata Irwan, ini juga sebagai wadah berbagi ilmu terkait penjualan dan mengelola paket wisata perjalanan yang menggunakan kendaraan 4X4, dengan menempuh rute yang telah ditentukan.

Sementara itu Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Faisal, S. Sos, Map, atas nama pemerintah Kota Sabang sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh ini.

Dikatakan, bila mana atraksi ini dapat dikembangkan oleh para pelaku usaha wisata di Kota Sabang dan memiliki nilai jual, pemeritah Kota Sabang akan mendukung hal tersebut, dengan menciptakan rute yang dibutuhkan.

“Kalau ada peluang, pasarnya bagus, pasti akan didukung pemerintah untuk membuka objek seperti itu. Jadi sekarang kita lihat dulu pasarnya, para driver ini bisa melihat peluang ini sebagai kegiatan adventure, kedepannya akan kita ciptakan rutenya,” terang Faisal.

Tambah Faisal, dengan adanya atraksi wisata baru yang hadir di Kota Sabang, tentunya akan sangat berdampak terhadap meningkatnya pendapatan bagi pelaku usaha wisata itu sendiri.

Menurut data yang diterima RRI dari pihak panitia, kegiatan ini dikemas dengan tiga metode, yaitu pemberian materi dalam ruangan, praktek lapangan, serta evaluasi peserta, yang dipandu Insuhendang Irianto dan Agus Nugraha dari Jawa Barat, Selaku narasumber berpengalaman di bidang pengembangan usaha wisata ttrip 4x4 ini. RA

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00