• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Aksi Donor darah warnai Hari Armada TNI AL di Sabang

29 November
20:49 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sabang : Memperingati Hari Armada ke-74 Pangkalan TNI AL Sabang melaksanakan Donor darah yang melibatkan seluruh Instansi dan puluhan masyarakat di Sabang.

Menyadari kebutuhan darah yang semakin meningkat di masyarakat TNI AL dalam lingkup Pangkalan Angkatan Laut Kota Sabang menyelenggarakan Bakti sosial berupa donor darah massal yang melibatkan seluruh Instansi sipil dan Militer di Sabang. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari hari Armada TNI AL ke -74 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. 

Karumkital J Lilipory Lanal Sabang Mayor Laut (K) dr. Ronnie Juliandri SP. M, Melalui Kaur Urikes Rumah Sakit TNI AL J.LIlipory Kota Sabang  Lettu Laut (K) drg. Thomas R.p mengemukakan kebutuhan darah saat ini memang sangat mendesak, untuk itu TNI AL , merasa terpanggil untuk turut membantu memenuhi kebutuhan darah tidak saja di Sabang, Namun juga Aceh secara keseluruhan. 

“kita tahu kegiatan sosial dalam biadang kesehatan sangat dibutuhkan termasuk donor darah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam kebutuhan darah dapat terbantu. Hari ini di Lanal Sabang melakanakan kegiatan sosial pada hari ini dan kami melihat

 Dapat berjalan dengan baik dan antusias instansi di Sabang sangat tinggi “ ucapnya Kamis (28/11/2019).

Dalam kegitan ini tambah Thomas pihaknya menarget setidaknya 60 lebih kantung darah yang akan didistribusikan sebagian di Sabang melalui UTD RSUD Kota Sabang dan ke PMI Banda Aceh, Yang memiliki akses seluruh RS di Kabupaten Kota di Aceh. 

Sementara itu Wakil Ketua bidang Kesehatan dan Transfusi darah PMI Banda Aceh Drs. Nasruddin M.Sc,  mengapresaisi kegiatan tersebut. Ia menjelaskan kebutuhan darah di PMI memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di 23 Kabupaten/Kota di Aceh. pihaknya sering kewalahan dalam memenuhi kebutuhan darah. Ia menambahkan untuk lingkungan RS Zainal Abidin Banda Aceh saja yang rata-rata menbutuhkan 200 kantung darah perharinya. 

“rata-rata setiap harinya rumah sakit Zainal Abidin saja 200 kantung perhari, dan kita setiap harinya harus keluar, kadang-kadang kita tidak sempat penuhi itu. Memang Zainal Abidin yang besar, Kalau rumah sakit lainnya bisa kita cover” ujarnya.

Dari amatan RRI sejumlah Instansi seperti Navigasi, Dinas Kesehatan,  TNI/ Polri   di Sabang dan masyarakarakat turut menyumbangkan darahnya hingga jelang tengah hari. Sementara dari data yang dihimpun lebih 70 kantung darah dapat dihimpun pada Bakti Sosial  dalam rangk a hari Armada ke 74 tahun 2019 tersebut.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00