• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Dua rumah di Gampong Reuloh Ambruk akibat Longsor

19 November
22:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Sedikitnya dua buah rumah permanen dilaporkan ambruk dan mengalami rusak ringan akibat terjadinya longsor di Gampong Reuloh Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar Selasa (19/11/2019)

Menyusul terjadinya longsor tersebut meski tidak ada korban jiwa tapi dua Kepala Keluarga (KK) atau 6 jiwa untuk sementara telah mengungsi ke rumah tentangga karena rumah milik mereka untuk sementara tidak layak tinggal lagi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar Farhan AP kepada RRI Selasa (19/11/2019) malam mengatakan, longsor tersebut terjadi akibat dampak dari cuaca dan intensitas curah hujan yang tinggi selama ini.

“Akibat cuaca dan intensitas curah hujan tinggi telah mengakibatkan terjadinya longsor, kejadian tersebut diperkirakan pada pukul -+04.00 Wib dini hari,’ujarnya.

Menurut Farhan yang didampingi Operator Pusdalops PB Keuchik Iqbal, BPBD Aceh Besar menerima informasi tersebut dan setelah menerima informasi Kabid Darurat Logistik beserta Kasie Darurat telah meninjau kelokasi kejadian untuk melakukan monitoring dan pendataan dampak dari kejadian tersebut.”Rumah korban yang rusak akibat tergurus nya tanah ke saluran irigasi dikarenakan posisi rumah yang tak jauh dari saluran irigasi,’sebutnya.

Iqbal menambahkan, Kabid  Darurat dan Kasi Darurat BPBD Aceh Besar telah melakukan pendataan dan turun kelokasi kejadian untuk melakukan penanganan tindak lanjut berikut nya dampak dari kejadian longsor tersebut.

“Dalam kejadian tersebut BPBD Aceh Besar juga telah berkoordinasi dengan pihak dan instansi terkait untuk tindak lanjut berikutnya serta berkoordinasi dengan unsur Muspika kecamatan Ingin Jaya,’demikian Iqbal.

 *Dampak Kejadian*

1.Nama : Annasari

Jumlah KK / Jiwa : 1kk / 3jiwa

Dampak : rumah mengalami kerusakan akibat longsor

Tingkat kerusakan: Rusak Sedang (RS)

Mengungsi: pemilik beserta anggota keluarga mengungsi ke rumah tetangga.

2. Nama : Zubir

Jumlah KK / Jiwa : 1kk / 3jiwa

Dampak : rumah mengalami kerusakan akibat longsor

Tingkat kerusakan : Rusak Sedang (RS)

Mengungsi : korban beserta keluarga mengungsi ke rumah tetangga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00