• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Seleksi Pelaku Usaha Mikro Strategis, Disperindagkop dan UKM Gelar Pengembangan Usaha Kecil

18 November
16:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singkil:  Dinas Koperasi Usaha kecil dan Menengah Aceh  bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Aceh Singkil melakukan kegiatan Pengembangan Usaha Bagi  Wirausaha Mikro Strategis Tahun 2019 di Kabupaten Aceh Singkil.  Kegiatan digelar di Hotel Alvia, Pulo Sarok, Singkil, Minggu (17/11/2019), yang diikuti oleh 20 pelaku usaha terverifikasi.

Kepala Disperindagkop Aceh Singkil, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil, Asmardin, kepada wartawan menjelaskan kegiatan bertujuan untuk mencari pelaku usaha mikro kecil yang strategis di Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh.  Yang nantinya akan dimunculkan melalui promosi daerah.
“Kita mencari pelaku usaha mikro kecil strategis di Provinsi Aceh yang bisa kita munculkan melalui promosi daerah. Melalui pameran dalam dan luar daerah.  Kenapa ini diusahakan, supaya betul-betul produk yang srategis yang bisa kita kembangkan.  Jadi banyak produk kita disini yang perlu sentuhan lagi,” kata Asmardin.

Dikatakan Asmardin 20 peserta yang ikut dalam kegiatan merupakan pelaku usaha yang sudah diverifikasi.  Ke depan, usaha yang layak dikembangkan akan difasilitasi untuk pengembangan usaha berupa bantuan perlengkapan dan peralatan. Asmardin mengatakan terkait kelayakan usaha akan dinilai oleh Tim Verifikator dari Provinsi Aceh.

“Menyangkut bagaimana kelayakan usaha mereka Tim Verifikator yang menilai dari Provinsi.  Mereka yang menilai apakah mereka layak dibantu difasilitasi atau tidak.  Kalau kita dari Aceh Singkil hanya sebagai panitia untuk menjalankan kegiatan ini,” papar Asmardin.

Asmardin menambahkan untuk Aceh Singkil ada banyak produk mikro strategis yang dapat dikembangkan.  Diantaranya yaitu: Usaha Keripik Tempe, Usaha Lokan Crispi, Usaha Teh Daun Tin, dan Usaha Kentang Beku.  Beberapa usaha tersebut sudah dipasarkan di lingkup Kabupaten Aceh Singkil maupun luar Kabupaten Aceh Singkil, bahkan sampai luar Provinsi Aceh. 

“Upaya untuk promosi yang dilakukan Pemerintah Daerah terhadap usaha-usaha kecil Mikro di Aceh Singkil, yaitu melalui ajang Pameran.  Salah satunya yaitu melalui Pameran Pembangunan yang dilakukan setiap Hari Ulang Tahun Kabupaten Aceh Singkil,” ujar Asmardin.

Diharapkan dengan kegiatan akan muncul Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang naik kelas, artinya muncul usaha kecil yang tangguh dan mandiri.  Serta mengharapkan seluruh UMKM senantiasa bersaing secara sehat dan mempersiapkan produk sebaik mungkin.

“Agar diterima pasar produk kita, kita harus mempersiapkan diri kita, produk kita. Contoh: ada izin usaha, ada legalitas usaha, ada sertifikasi halal, kemasan harus layak. Kalau ini sudah kita buat, Insya Allah, pasar tidak akan ragu mengkonsumsi produk yang kita buat,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00