• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikTekno

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI gandeng ISKI Deklarasikan Komunikasi Kebangsaan

14 November
23:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sabang : Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI gandeng Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Deklarasikan Komunikasi Kebangsaan di Tugu Nol Kilometer Indonesia, Kota Sabang. Kamis (14/11).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Puluhan Peserta yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) gelar Deklarasi Komunikasi Kebangsaan yang di Kawasan tugu nol kilometer Kota Sabang Kamis (14/11/2019) pagi. Deklarasi Komunikasi Kebangsaan memiliki misi guna mewujudkan komunikasi yang lebih baik di Indonesia. Deklarasi Komunikasi kebangsaan yang berawal dari ujung nusantara itu memiliki tagline  from Sabang for Indonesia to World harmony atau dari Sabang untuk Indonesia untuk harmonisasi dunia. Ketua ISKI Dr. Dadang Rahmat Hidayat, Kepada wartawan mengatakan, Sabang merupakan awal dari upaya ini dan diharapkan ini akan terus berlanjut hingga ujung timur Indonesia di Merauke.

“banyak problem sosial, masalah kemarin yakni disparitas, perbedaan kepentingan seperti politik dan sebagainya, sebagian masalahnya di bagian komunikasi. penyampaian narasi yang tidak saling menguatkan, tapi justru membuat kita terpisah. insan komunikasi didorong untuk menjadi bagian dari pemecah masalah, dan bukan bagian dari masalah itu sendiri.” ujarnya Kamis (14/11/2019).

Upaya ini tidak hanya dilaksanakan terbatas pada komunikasi yang sempit, namun juga pada bidang bidang terkait seperti Kesehatan , Pertanian, Kelautan. Ia berharap hal ini tidak hanya sekedar simbolik, dan seremonial saja.

Sementara itu Dirjen Perikanan tangkap KKP Muhammad Zulfikar Muchtar ST, M.Sc, mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi di deklarasikannya Komunikasi Kebangsaan yang digagas ISKI tersebut. Menurutnya Deklarasi yang dilakukan dari Sabang ini sangat relevan dengan kondisi terkini Indonesia yang penuh Hoax dan Isu yang tidak diverifikasi yang akan berakibat memecah belah persatuan bangsa.

“untuk itu kami sangat mengapresiasi dan kami berharap deklarasi komunikasi kebangsaan ini dapat mengangkat cerita-cerita bagus juga dalam good news bidang kelautan dan perikanan, terkait keindahan sabang, potensi pariwisata lautnya, termasuk terumbu karang." harapnya.

Dengan demikian menurut Ketua Ikatan Sarjana Kelautan (ISK) itu, bukan hanya politik sosial saja yang akan  maju, tapi sektor-sektor ini dapat diangkat bersama-sama demi kesejahteraan, lewat komunikasi yang baik.

Kegiatan juga diwarnai dengan pengucapan ikrar Komunikasi persatuan dan perdamaian bersama anggota ISKI, juga di hadiri Wakil Walikota Sabang, Drs. Sabang Suradji Yunus, Dirjen Tangkap Kementerian KKP M. Zulfikar Muchtar ST, M.Sc, Ketua ISKI Aceh Dr. Hamdani M. Syam, Assiten 1 Setda Kota Sabang Andri Nourman dan sejumlah ahli Komunikasi, Akademisi, Profesional Komunikasi dan sejumlah peserta dari Thailand, Prancis dan Malaysia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00