• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Pemkab Aceh Besar Perkuat Kerjasama Bidang Kesehatan dengan Korea Selatan

13 November
17:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang kesehatan, khususnya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
Hal itu ditandai dengan kunjungan kerja Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Lukman SKM MKes beserta rombongan bertolak ke Korea Selatan.
Kunjungan kerjasama ini diikuti Ketua Yayasan Permata Hati Mazas dr. H Marzuki M.Kes beserta wakil ketua Asma Sulaiman, Ketua TP UKS Provinsi Ichwanul Fitri, Kepala Kankemenag Aceh Besar H. Abrar Zym, SAg, Kepala Puskesmas Banda Raya Banda Aceh dr. Farah Dina, dan Kepala Sekolah SDN Bueng Cala Aceh Besar Maidarisah, SPd.
Dengan adanya program kerjasama ini sangat membantu untuk akselerasi program UKS di Kabupaten Aceh Besar,  khususnya di sekolah pilot projek yang terpilih, baik di Kabupaten Aceh Besar maupun di Banda Aceh.
Kehadiran program UKS kerjasama ini difasilitasi oleh Yayasan Permata Hati Mazas yang dipimpin  dr Marzuki, dan telah banyak sekali membantu, baik sarana maupun prasarana  serta upaya peningkatan SDM bagi pengelola UKS di Kabupaten Aceh Besar. Kehadiran program ini juga mendapat dukungan yang kuat oleh Pemkab Aceh Besar.
Pemkab Aceh Besar juga menyerahkan piagam penghargaan kepada KAHP Koica Korea yang diterima Dr Jong Yil Chai dan Mr Hoo Gn Jeoung.
Kegiatan kunjungan kerjasama ini berlangsung selama 5 hari dari  4-8 November 2019. Dalam kunjungan tersebut Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Besar beserta tim mengunjungi Sukji Elementary School di Suwon untuk melihat program UKS di sekolah tersebut.
Rombongan juga mengunjungi Museum Parasit KAHP, Puskesmas Jangangu Publik Health Center), Puskesmas Suwon atau Human City Suwon, dan beberapa tempat lainnya.
Lukman SKM MKes mengharapkan Aceh Besar memiliki beberapa sekolah yang akan menjadi role model pelaksanaan UKS, seperti sekolah yang ada di Korea Selatan. Untuk itu diharapkan dukungan dan peran aktif, baik dari pemerintah daerah maupun sektor terkait untuk membangun UKS yang lebih maksimal di Kabupaten Aceh Besar.
"Program ini diharapkan dapat memperoleh generasi yang sehat sedini mungkin yang mampu mandiri menjaga kesehatan dan dapat membantu teman temannya yang mempunyai masalah kesehatan," ungkap Lukman.
Kunjungan kerja ke Korea Selatan merupakan bagian dari program “Health promotion support for elementary school in Indonesia,"di Aceh Besar dan  di Banda Aceh.
Program ini berlangsung sejak tahun 2017 dan direncanakan sampai tahun 2020 yang didukung oleh KAHP-Coica (Korea Association of Health Promotion).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00