• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Syariat Islam

Peringatan Maulid pererat Ukuwah Islamiyah

13 November
08:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sabang : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan tiap tahun di Aceh, Disamping kembali mengingat Kelahiran Nabi, Diharapkan menjalin Ukuwah Islamiyah antar masyarakat.

Bulan Maulid sudah kembali kita masuki di Aceh. Peringatan Kelahiran nabi Muhammad SAW yang kerap diperingati di Aceh, Selain  dapat meneladani kehidupan Nabi juga menjadi ajang mempererat Silaturrahim sesama umat Islam dan Masyarakat. Umat Muslim di Aceh kerap memperingatinya baik dari tingkatan Gampong, dilingkungan kantor, Bahkan rumah tangga. Acara pajoh Mulod dan Ceramah Agama merupakan hal rutin dilaksanakan di Sabang. Biasanya para Pemimpin dari unsur Pemerintahan dari tingkatan yang paling tinggi hingga masyarakat biasa, Berbaur bersama dalam makan bersama ini.  

Seperti yang dilaksanakan Masyarakat gampong Balohan Kecamatan Sukajaya Sabang pada Sabtu malam lalu. Ratusan masyarakat dari Desa setempat dan Desa tentangga bahkan level Pimpinan Pemerintahan di Sabang hadir dalam Tausyiah dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Mesjid Jami’ Syuhada Gampong Balohan. Kali ini Tgk Habibi Muhibudidin Waly yang merupakan cucu Ulama kharismatik Abuya Muhibbudin Wali bertindak sebagai penceramah. 

Menurut Geuchik Balohan Abdul Muthalib Balohan termasuk Daerah yang lebih awal melaksanakan kegiatan ini. Kebersamaan mulai terasa saat rapat Maulid tiap jurong atau lorong memberikan sumbangsih dana yang terkumpul dari masyarakat setempat maupun kas Desa. Ia berharap Tausyaiah yang disampaiakn dapat di wujudkan dalam keseharian masyarakat.

“kami berterimakasih untuk panitia yang sudah bekerja dengan luar biasa memepersiapka acara ini. Juga kepda Al Muqaram Teungku Habibie Muhibbudin Wali yang sudai jauh-jauh datang ke tempat kami dari seberang lautan. Semoga acara ini dapat kita amalkan di kehidupan sehari-hari.” Ujarnya Sabtu (9/11/2019). 

Selain itu Untuk meningkatkan Keimanan, Pada malam harinya masyarakat dapat menyimak tausyiah yang dihadirkan Panitia. Dalam tausyiah nya Teungku Habibi Mudhibbudin Wali menyerukan agar Teladan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW juga di wujudkan dalam keseharian, Terutama dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang sejarah Nabi, bukan saja Nabi Muhammad.

“syukur Alhamdulillah bagi Ibu-ibu dan bapak-bapak yang hadir di acara in. Ini menunjukkan kecintaan kita pada Baginda rasulullah SAW. Tapi kita akan buktikan apakah dalam kehidupan sehari-hari sudah kita jalankan?. Dikatakann rasuslullah ajarkan anakmu tiga diantaranya ajarkan kepada anak agar mencintai Nabi mereka. Ini Nabi Isa, ini Nabi Daud. Pertanyaannya apakah kita sudah mengajarkan untuk mencintai Nabi?” tantangannya. 

Selain itu Tgk Habibi Muhibbudin wali juga menegaskan peringatan Maulid Nabi juga dapat menjalin kembali persatuan umat Islam yang kuat, Dimana hal ini sangat penting untuk menangkal perpecahan umat yang disinyalir di buat dengan sengaja oleh pihak-pihak tertentu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00