• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

ABTI Aceh Adakan Pelatihan Pelatih dan Wasit

13 November
00:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Pengurus Provinsi Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Aceh menggelar Cabang Olahraga workshop atau pelatihan pelatih dan wasit di Hotel 88, Banda Aceh,12 - 14 November 2019.
Workshop pelatih dan wasit diikuti 46 peserta utusan dari 23 kabupaten/kota dibuka secara resmi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh, Dedi Yuswadi yang diwakili Kasi Pembinaan Prestasi Muksalmina di tempat yang sama, Selasa (12/11/2019).
Muksalmina mengatakan, pelatihan pelatih dan wasit bola tangan merupakan suatu program Aceh Teuga atau Aceh Kuat dari Pemerintah Aceh untuk meningkatkan prestasi bidang olahraga.
"Melalui program Aceh Teuga telah dilaksanakan 46 event tahun ini. Rata - rata sekitar 500 - 800 warga masyarakat terlibat dalam setiap event, sehingga diperkirakan 50 ribu masyarakat merasakan program Aceh Teuga.
Untuk itulah, kata Muksamima, olahraga bola tangan yang masih baru di Aceh melalui pelatihan wasit dan pelatih yang merupakan suatu kegiatan dari Program Aceh Teuga bisa cepat berkembang dan berprestasi di Aceh.
"Setelah pelatihan ini, setiap kabupaten/kota telah memiliki wasit dan pelatih, berpeluang berprestasi di PORA XIV/2022 di Pidie.
Ia memberi apresiasi kepada kepengurusan ABTI Aceh yang baru terbentuk namun, namun dengan cepat sudah terbentuk kepengurusan di 23 kabupaten/kota, sehingga olahraga bola tangan bisa dipertandingkan di PORA empat tahun mendatang.
Sementara itu,  Ketua Umum Pengprov ABTI Aceh, Zaini Yusuf yang diwakili Wakil Ketua I, Ahyar Daut mengatakan, workshop wasit dan pelatih dilaksanakan sebagai upaya mengenalkan, mempopulerkan olahraga bola tangan di Aceh.
Ahyar mengatakan, pelatihan sangat perlu untuk pemahaman tentang peraturan permainan, pertandingan, sistim latihan untuk pembinaan prestasi atlet serta pengembangan olahraga bola tangan di Aceh.
Ia meminta kepada peserta pelatihan pelatih dan wasit dari 23 kabupaten/kota dapat menyerap ilmu yang diberikan pemateri atau instruktur.
Ketua Panitia Muhammad Zar SE menjelaskan, workshop diikuti 46 peserta terdiri dari masing satu calon pelatih dan satu calon wasit setiap kabupaten/kota.
Katanya, peserta diberikan bekal dasar ilmu kepelatihan dan perwasitan oleh orang instruktur lokal dan dari ABTI Pusat.
Sebutnya, tujuan pelatihan  memberikan ilmu teori dan praktek dasar cabor bola tangan untuk calon pelatih dan wasit  yang nantinya akan diberikan sertifikat keabsahan.
Kegiatan ini, katanya,  sebagai upaya awal mendeklarasikan secara resmi Pengprov Pengkab/Pengkot ABTI Aceh masa bakti 2019-2023.
Ia menambahkan, Pengprov ABTI Aceh masa bakti 2019 - 2023 juga akan dikukuhkan di Aula Balai Kota Banda Aceh, Rabu (13/11/2019) malam.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00