• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Aceh Masuk Musim Penghujan, BPBA Siagakan Alat Pendeteksi Banjir di Aliran Sungai

22 October
16:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim penghujan akan berlangsung di Aceh hingga awal tahun 2020. Bencana banjir dan longsor berpotensi terjadi di beberapa kabupaten kota Aceh, khususnya kawasan yang hampir setiap tahun dilanda bencana yang sama.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Muhammad Syahril mengatakan, pihaknya sudah berkoodinasi dengan jajaran di kabupaten kota dan melakukan berbagai langkah strategis dengan memasang rambu-rambu, termasuk alat pendeteksi banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) agar masyarakat mengetahui dan siaga.

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan berbagai intansi, diantaranya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) agar memprioritaskan penanaman pohon atau penghijauan di wilayah yang sering dilanda banjir. Selanjutnya, bersama Dinas Kebersihan melakukan upaya pembersihan sampah dari selokan atau parit.

“Contoh kasus di Singkil, mereka sudah memasang alat rambu-rambu pendeteksi banjir di sepanjang bantaran sungai, kemudian mengimbau kepada masyarakat agar siaga bencana. Untuk mengelola resiko bencana kita juga telah berkoordinasi dengan dinas terkait seperti DLHK agar jika ada program penanaman pohon bisa disasar di daerah yang rawan banjir,” kata Syahril di Banda Aceh, Selasa (22/10/2019). 

Selain karena intensitas hujan yang meningkat, ungkap Syahril, membuang sampah sembarangan, faktor lain yang juga memicu banjir yakni penebangan hutan secara liar, dengan alasan pembukaan lahan untuk budidaya tanaman, pembangunan dan kepentingan ekonomi lainnya. 

Untuk itu, tambahnya, BPBA berupaya maksimal melibatkan semua pihak, termasuk Babinsa (Bintara Pembina Desa) melakukan penyuluhan dan pengawasan terhadap aktivitas ekonomi masyarakat setempat, khususnya sektor pertanian. (Tisi) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00