• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Sejumlah Infrastruktur Rusak Diterjang Banjir di Aceh Singkil

18 October
12:20 2019
1 Votes (1)

KBRN, Aceh Singkil : Bencana banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh sejak Kamis (17/10/2019) kemarin dilaporkan telah surut.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, dampak dari bencana banjir ini mengakibatkan sejumlah fasilitas infrastruktur rusak diterjang arus banjir.

Kepala Pelaksana BPBA Sunawardi mengatakan, menurut kondisi terkini yang dilaporkan Pusdalops BPBD Aceh Singkil menyebutkan, banjir sudah surut dan warga yang terkena dampak banjir sudah mulai kembali ke rumah untuk melakukan pembersihan.

“Dampak banjir di Aceh Singkil merendam sebanyak 54 unit rumah penduduk,  Pustu Desa Lae Balno, SD negeri Desa Lae Balno, Gudang kelompok tani mulia Desa Lae Balno, Tanggul sungai Desa Lae balno ikut rusak dan Pagar Masjid Baitul Makmur Desa Lae Balno juga rusak,” kata Sunawardi di Banda Aceh, Jumat (18/10/2019).

Sunawardi menyebutkan, banjir dilaporkan surut sejak pagi tadi namun kondisi cuaca di Aceh Singkil masih berpotensi hujan.

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam pemukiman penduduk di Lae Balno, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil. Bencana banjir ini juga ikut merendam jalan lintas nasional yang menghubungkan antara Kabupaten Aceh Singkil dengan Sumatera Utara.

Ketinggian banjir yang mencapai selutut hingga sepinggang orang dewasa ini disebabkan karena meluap sungai yang dikarenakan intensitas curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah itu dalam dua hari terakhir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Blang Bintang Banda Aceh melaporkan kondisi cuaca di Simeulue diprediksi masih berpotensi terjadi hujan. 
"Update peringatan dini cuaca Provinsi Aceh tanggal 18 Oktober 2019 pukul 08.20 WIB. Masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang  di wilayah  Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, Pidie, Bireun, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Simeulue, Aceh Besar dan sekitarnya. Dan dapat meluas ke wilayah Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Jaya, Banda Aceh, Sabang, Aceh Barat dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 11.20 WIB," demikian laporan BMKG yang diterima RRI. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00